Wisata Lubang Kara Bodas, Kawah Putih Instagram di Tasikmalaya

  • Share

Kawah Karaha Bodas merupakan wisata kawah yang sangat populer di Tasikmalaya, hal ini dibuktikan dengan tidak pernah ditinggalkannya lokasi wisata di lokasi ini.

Saat mengunjungi kawasan wisata ini, kita akan melihat pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dioperasikan oleh Pertamina, dan kawasan Karaha Podas termasuk gunung berapi yang masih aktif.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kondisi di Kawah Karaha Bodas ini bisa dikatakan aman untuk dikunjungi dan menjadi destinasi wisata alam saat Anda berada di Tasikmalaya.

Lubang Karaha Bodas
Lubang Karaha di Bodas. Google Maps. Sumber: Merissa Pangestu

Banyak yang percaya bahwa Kawah Karaha Bodas sama dengan Talaga Bodas di Kabupaten Garut. Lokasinya berdekatan, Kawah Karaha Bodas di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Secara tampilan, Talaga Bodas dan Kawah Karaha Bodas berbeda, jika danau atau telaga di Talaga Bodas yang paling dominan. Sedangkan di Kawah Karaha Bodas didominasi oleh batuan beku berwarna putih.

Selain itu, Anda juga akan menemukan air panas dan dingin, bebatuan warna-warni, dan hutan pinus di sekitar kawah.

Pemandangan dari ketinggian benar-benar menawan, di mana rona biru-hijau Tosca di perairan danau berpadu dengan bebatuan putih di sekitarnya dan hijaunya hutan yang mengelilinginya.

Pokoknya terlihat sangat indah dan layak dijadikan destinasi wisata untuk menikmati alam dan berfoto selfie yang un-instagramable.

Daftar Isi :

Situs dan alamat Kawah Karaha Bodas

Kawah Karaha Bodas secara administratif terletak di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Garut.

Wisata alam bersama keluarga
Wisata alam bersama keluarga. Google Maps. Sumber: sansan susande

Akses menuju Kawah Karaha Bodas kini sudah lancar, dan dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat.

Ada banyak cara menuju Kawah Karaha Bodas, yaitu:

  • Melalui Jalan Bandung-Garut-Wanaraja.
  • Anda juga bisa menggunakan alternatif Bandung-Limbangan-Cibatu-Wanaraja.

Saat Anda berada di Alun-Alun Wanaraja, belok kanan dan terus berjalan sampai Anda menemukan jalan setapak yang ditumbuhi pohon pinus. Lokasi kawah Karaha Bodas terletak sekitar satu kilometer dari barisan pohon pinus.

deretan pohon pinus
Deretan pohon pinus. Google Maps. Sumber: Reynardthan Pontoh

Sedangkan jika meninggalkan Tasikmalaya dengan menuju Kadipaten Agung atau mengendarai mobil ke Polsek Kadipaten. Jaraknya lagi sekitar 5 kilometer ke wisata Karaha Bodas.

Treknya cukup berat dan berkelok-kelok juga, tapi sangat mulus. Jadi, tidak ada kendala besar. Apalagi pemandangan di sepanjang jalan sangat bagus.

Setelah memarkir kendaraan yang Anda gunakan, belilah tiket masuk. Anda melakukan perjalanan terlebih dahulu sampai akhirnya mencapai Kawah Karaha Bodas.

Trek dilalui dengan menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah, dengan motif rumput liar di kiri dan kanannya. Tidak ada lampu jalan di sepanjang jalan, jadi sebaiknya datang saat matahari masih bersinar.

Tidak butuh waktu lama, akhirnya saya sampai di Kawah Kara Bodas. Dimana batuan vulkanik berwarna putih menjadi pemandangan utama.

Danau di Kraha Bodas
Danau di Kraha Bodas. Google Maps. Sumber: Ibu Suriah mengorbankan Farouk Fawzy

Harga tiket masuk Kawah Kara Bodas

  • Tiket masuk wisatawan lokal ke Kawah Karaha Bodas adalah Rp. 10.000 per orang
  • Tiket masuk untuk turis asing ke Kawah Karaha Bodas adalah Rs. 100.000 per orang
  • Biaya tambahan yang harus dibayar untuk parkir sepeda motor adalah Rp. 3000 dan mobil 5000 rupee

Jam kerja Kawah Cara Bodas

  • Jam operasional Kawah Karaha podas Tasikmalaya buka dari Senin hingga Minggu.
  • Ia bekerja 24 jam sehari

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Karaha Bodas adalah di pagi hari, saat cuaca tidak terlalu panas.

gubuk sederhana
Pondok sederhana. Google Maps. Sumber: Toto Sudarto 1567

Fasilitas Kawah Kara Bodas

Fasilitas wisata di Kawah Karaha Bodas adalah sebagai berikut:

  • tempat parkir mobil,
  • toko wisata,
  • toilet,
  • gazebo
  • area berkemah,
  • berkuda ,
  • Spot foto instagramable.

Daya tarik Karaha Bodas pit

1. Alam yang indah

Pemandangan di sekitar lubang
Lihat di sekitar lubang. Google Maps. Sumber: Reynardthan Pontoh

Saat anda berada di kawah Karaha Bodas, anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah yang dapat memanjakan mata anda apalagi saat melihat warna air di danau vulkanik Karaha Bodas.

Air dari lubang tersebut mengandung belerang yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Banyak pengunjung yang berendam di kolam atau danau.

Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi kawasan Karaha Bodas yang dipenuhi bebatuan vulkanik berwarna putih. Bahkan, Anda juga akan menemukan batu yang oleh masyarakat setempat disebut “Batu Mihong”.

Mereka adalah batuan hitam-batubara dengan ukuran yang cukup besar dan banyak di antaranya tersebar di sekitar Karaha Bodas.

Karena pemandangannya yang menakjubkan, Wisata Kawah Karaha Bodas juga biasa digunakan sebagai tempat pemotretan pre-wedding. Dengan biaya tambahan sekitar 300 ribu rupiah, sangat layak untuk foto-foto yang akan dikenang seumur hidup.

batu mihong
Batu Mihong. Google Maps. Sumber: Ricky Schmana

2. Lakukan berbagai wisata seru

Selain menikmati alam yang indah, Anda juga bisa mengikuti berbagai wisata seru lainnya, seperti:

  • berkemah,
  • Jelajahi wilayah Karaha Bodas,
  • Mencoba beberapa wahana,
  • Gambar berburu yang bagus.

Menutup

Kawah Karaha Bodas sangat direkomendasikan untuk anda yang sedang mencari gambar di instagram, menikmati keindahannya melalui pencarian gambar, kemudian anda akan mengupdate gambar-gambar terbaru di feed media sosial anda.

Jangan lupa daftarkan wisata Kawah Kahara Bodas ini untuk daftar tempat wisata di Kabupaten Tasikmalaya yang wajib dikunjungi bersama keluarga, teman atau bersama orang tersayang.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *