Leuwi Citoe, Pemandangan Keindahan Alam Tasikmalaya

  • Share

Wisata Leuwi Citoe atau yang lebih dikenal dengan Curug Citoe, ada yang bilang Leuwi Pangewelan, sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati suasana menyegarkan berenang dan menyaksikan indahnya pemandangan alam Tasikmalaya yang indah.

Destinasi wisata alam ini sangat menarik karena airnya yang jernih dan lingkungannya yang asri membuat Anda cenderung untuk berenang atau bermain air.

Aliran Leuwi Citoe relatif kecil dan tidak terlalu deras, sehingga cukup aman bagi anda yang suka berenang dan melakukan aktivitas seperti terjun bebas di sungai.

Air Terjun Seto
Air terjun Seto. Google Maps. Sumber: Bangun teh mod yo

Namun Anda perlu bersiap-siap untuk kedalaman Leuwi Citoe, karena diperkirakan kedalamannya sekitar 7 meter, jadi bagi yang tidak bisa berenang sebaiknya menikmati keindahan alamnya dari permukaan.

Lokasi dan alamat Leuwi Citoe

Leuwi Citoe beralamat di Kampung Sukajaya, Desa Pangliaran, Kacan Tengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Jalan menuju Leuwi Citoe, jika dari pusat Tasikmalaya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 20 menit ke arah selatan menuju Cikatomas-Cikalong. Di perempatan SPBU, ambil jalan lurus menuju Cikalong dan belok kiri menuju Pancatengah hingga sampai di Desa Pangliaran.

Jika kita datang ke desa Pangliaran, ada banyak cara alternatif, salah satunya adalah pergi ke desa Sukajaya. Dari Gerbang Kampung Sukajaya, jarak menuju Leuwi Citoe sekitar 2 km.

Memotret keindahan alam
Memotret keindahan alam. Google Maps. Sumber: Bangun teh mod yo

Trekking Leuwi Citoe

Setelah memarkir mobil, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena lokasinya berada di tengah hamparan sawah milik warga.

Wisata yang dilalui adalah jalan-jalan menyusuri persawahan dan peternakan milik warga. Kemudian Anda akan menemukan banyak selokan kecil yang saluran airnya sangat jernih.

Perjalanan yang dilalui memakan waktu sekitar 15 menit, tergantung kecepatan masing-masing individu.

Harga tiket masuk Leuwi Citoe

Harga tiket masuk Leuwi Citoe gratis, Anda hanya perlu membayar biaya parkir.

Berenang di air tawar
Berenang di air tawar. Google Maps. Sumber: Ehsan Fajar

Jam Buka Leuwi Citoe

Jam kerja Leuwi Citoe buka setiap hari Senin sampai Minggu, 24 jam non stop.

Fasilitas Leuwi Citoe

Berada di lokasi yang agak tersembunyi, serta belum dikelola secara optimal oleh pemerintah setempat, hal ini menyebabkan minimnya fasilitas di sekitar Leuwi Citoe.

Jadi pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup, tapi ingat untuk mengembalikan sampah…

Atraksi Leuwi Citoe

1. Keindahan alam sekitar

Keindahan alam yang tidak tercemar
Keindahan alam yang belum terjamah. Google Maps. Sumber: Dia Ijanov

Keindahan Leuwi Citoe sudah terlihat sejak trekking dimulai, disuguhi hamparan persawahan, aliran sungai yang sangat jernih.

Selalu membuat Anda takjub dengan keindahan alam Tasikmalaya, udara yang sejuk, pemandangan alam yang indah, ketenangan dan suasana yang akan Anda rasakan saat berada di Leuwi Citoe.

Suasananya enak banget dijadikan sebagai tempat bersantai dan bersantai sejenak, di sela deburan air yang mengalir. Di sekitar Leuwi Citoe atau Leuwi Pangewelan terdapat air terjun yang tingginya sekitar dua meter.

2. Sungai Tosca Hijau

air hijau tosca
Airnya berwarna hijau toska. Google Maps. Sumber: Faisal Lotfi

Setelah puas menikmati alam yang indah, jangan lewatkan berenang di aliran sungai yang tenang. Air sungai atau leuwinya hijau tosca, sangat indah. Tetapi ingat bahwa kedalamannya mencapai 7 meter. Jadi hanya untuk mereka yang pintar dan mahir berenang.

Tenang bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa duduk santai menikmati kopi atau teh sambil menyaksikan keindahan aliran Curug Citoe. Jangan lupa untuk mengabadikan kecantikannya, oke?

Tentang Curug Citoe, katanya, masih banyak goa yang tersembunyi di alam, sehingga belum banyak yang mengetahuinya.

Tips Perjalanan

  • Datanglah saat cuaca cerah, waktu terbaik adalah pagi hari.
  • Bawa makanan dan minuman secukupnya.
  • Selalu jaga kebersihan dan keindahan di sekitar Leuwi, jangan buang sampah sembarangan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin.
  • Hati-hati saat bermain air di sekitar Leuwi, jangan sampai keseruan bermain air berubah menjadi emosi.
  • Siapkan kamera Anda untuk mengabadikan momen berharga selama berada di Leuwi Citoe.

Menutup

Leuwi Citoe atau Leuwi Pangewelan atau Curug Citoe merupakan wisata alam yang masih perawan dan keindahan alam di sekitarnya tetap terjaga.

Kami berharap agar keindahan alam ini tetap terjaga, sehingga kita dapat selalu menikmatinya bahkan setiap saat. Bisa dijadikan pilihan wisata saat berkunjung ke Tasikmalaya.

Baca Juga:  2-5 Desember 2021, Bogor siap jadi tuan rumah Konferensi JKPI ke-5
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *