Curug Gado Bangkong, keajaiban air terjun tersembunyi di Tasikmalaya

  • Share

Curug Gado Bangkong merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Tasikmalaya, dan letaknya yang tersembunyi membuatnya memiliki pesona alam yang masih sangat asri.

Berbicara tentang keindahan alam tidak akan pernah ada habisnya, Tuhan memang luar biasa. Karya-karyanya selalu sempurna dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Curug Gado Bangkong terletak di kecamatan Cisayong, kecamatan ini memiliki banyak sekali air terjun, beberapa di antaranya adalah:

Hampir semua air terjun yang ditemukan berada di area yang benar-benar tersembunyi dan masih jarang dikunjungi pengunjung. Kecamatan Cisayong merupakan bagian dari Kabupaten Tasikmalaya.

Simak ulasan lengkap Curug Gado Bangkong berikut ini, sebagai bahan referensi liburan dan mendekatkan diri dengan alam akhir pekan ini.

Air Terjun Gedo Bangkong
Air Terjun Gedo, Bangkong. Google Maps. Sumber: Muhyiddin Muhyiddin

Daftar Isi :

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata “tersembunyi”? Yang terlintas di pikiran adalah medannya pasti sangat terjal, perjalanan jauh dan melelahkan, ah, sungguh berat…

Namun ternyata, meski lokasi Curug Gado Bangkong tersembunyi, akses menuju air terjun ini sangat mudah. Dan Anda tidak perlu berjalan cukup jauh.

Hanya soal kondisi jalan yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, dan bisa mencapai lokasi terdekat dengan Curug Gado Bangkong. Bahkan aliran air bisa terlihat.

Anda tinggal berjalan di jalan saja, hati-hati licin karena kondisinya masih berupa tanah dan bebatuan. Tidak butuh waktu lama, akhirnya saya sampai di depan Curug Gado Bangkong.

Air Terjun Gado Bangkong yang Menarik

Air Terjun Gado Bangkong selalu dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati segarnya air yang mengalir, daya tarik air terjun ini antara lain:

1. Sifatnya yang perawan

Dikelilingi oleh alam yang masih asli
Dikelilingi oleh alam yang masih alami. Google Maps. Sumber: Ibu Suriah mengorbankan Farouk Fawzy

Sepanjang perjalanan menuju Curug Gado Bangkong, Anda akan disuguhi pemandangan hutan belantara yang menyimpan berbagai flora botani.

Cantik, indah, menyegarkan, begitulah rasanya. Saat Anda berada di dekat Curug Gado Bangkong, Anda bisa merasakan suasana yang tenang dan santai.

Anda bisa duduk dan melihat keindahan air yang mengalir di depan mata Anda, dan Trulum ID gemericik air yang menenangkan. Sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bersantai dengan alam.

Jika Anda beruntung, Anda dapat mendengar Trulum ID bangkong atau kodok yang keras. Konon berdasarkan legenda yang ada, di sekitar Curug Gado Bangkong terdapat makhluk tersembunyi berupa katak raksasa.

Ini sudah menyebar dari mulut ke mulut, dan tidak ada bukti nyata tentang itu. Tapi kita harus selalu bersikap baik dimanapun kita berada. Ingat pepatah yang mengatakan “Di mana bumi diinjak, di situ langit terangkat.”

2. Asyiknya bermain air

Berenang di kolam alami
Berenang di kolam alami. Google Maps. Sumber: Gunawan Ahmad

Inilah yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu gameplay aliran air terjun. Curug Gado Bnagkong Tasikmalaya memiliki ketinggian sekitar 70 meter, lerengnya dikelilingi oleh vegetasi hijau yang rimbun.

Air yang mengalir sangat jernih dan bersih, segar sekali. Terdapat bak penampungan air berbentuk kolam di sekitar air terjun, dan biasanya pengunjung menggunakannya untuk bermain air.

Kolam alaminya tidak terlalu dalam, kedalamannya bervariasi dan yang terdalam hanya sebatas pinggang orang dewasa. Jadi sangat aman untuk membawa anak-anak dengan Anda.

Lokasi dan alamat Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong terletak di lereng Gunung Galunggung, alamat lengkapnya berada di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

mencapai air terjun
Mencapai air terjun. Google Maps. Sumber: Bagus Singapura

Curug Gado Bangkong lebih mudah dijangkau jika menggunakan sepeda motor, dan bagi anda yang menggunakan mobil harus berjalan cukup jauh untuk akhirnya mencapai lokasi.

Kita mulai jalan menuju Curug Gado Bangkong dari Alun-Alun Singaparna, berjalan menyusuri Jalan Raya Ciawi-Singaparna lalu menuju kawasan Cisayong. Saat sampai di Kantor Desa Santanamkar, jarak menuju Curug Gado Bangkong hanya 4,5 km.

Jam kerja Curug Gado Bangkong

Jam buka Curug Gado Bangkong setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun alami ini adalah di pagi hari.

Bersepeda ke air terjun gado bangkong
Bersepeda ke Curug Gado Bangkong. Google Maps. Sumber: Bagus Singapura

Tiket Masuk Air Terjun Gado Bangkong

Harga masuk ke Curug Gado Bangkong hanya membayar Rs. 7000 – saja.

Fasilitas Curug Gado Bangkong

Fasilitas di sekitar Curug Gado Bangkong antara lain:

  • Area parkir,
  • Masjid,
  • toilet,
Aliran airnya sangat deras
Aliran airnya sangat deras. Google Maps. Sumber: Kornyawan Premiantoro

Tips Perjalanan

Simak tips wisata berikut ini bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Gado Bangkong:

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima.
  • Datanglah saat cuaca cerah dan tidak mendung apalagi hujan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin.
  • Hindari datang pada sore hari, jadi tidak ada kata terlambat untuk penerbangan. Karena akses jalan tidak dilengkapi dengan penerangan jalan.

Menutup

Curug Gado Bangkong merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan air terjun tersembunyi di Tasikmalaya, apalagi trekkingnya tidak terlalu melelahkan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *