Bukit Banyangrayan, danau putaran terakhir, seperti negara di atas awan

  • Share

Bukit Panyangrayan merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Tasikmalaya yang mampu memikat hati para pengunjungnya dengan pesona alamnya, berbagai wahana, dan spot selfie Instagram.

Bukit Panyangrayan memiliki sejarah yang menginspirasi dalam upaya merevitalisasi potensi alam, yang memuncak dengan wisata keluarga Tasikmalaya yang sangat populer.

Tak sedikit pengunjung yang akan mengatakan bahwa Bukit Panyangrayan Tasikmalaya seperti negeri di atas awan, apalagi berada di atas bukit.

Memiliki spot selfie kekinian menjadi bukti bahwa Bukit Panyangrayan cocok sebagai wisata alam yang fotogenik, dan tempat nongkrong santai di Tasikmalaya yang menawarkan nuansa romantis versus pesona alam yang indah.

Demikian informasi mengenai Bukit Panyangrayan Tasikmalaya yang telah kami siapkan untuk anda. Sebagai acuan awal untuk menentukan destinasi wisata saat liburan tiba.

jatuh di atas awan
turun di atas awan. Google Maps. Sumber: Adik Dochi

Daftar Isi :

Sejarah Bukit Banyangrayan

Sejarah terciptanya objek wisata Bukit Panyangrayan yang diawali dengan kesadaran akan potensi alamnya mampu memukau mata pengunjung.

Selanjutnya Bukit Panyangrayan lahir atas prakarsa masyarakat sekitar, perjuangan mahasiswa yang bekerja di KKN, dan kelompok tani pepaya.

Dana awal untuk membangun Bukit Panyangrayan berbasis swadaya masyarakat. Kini, pengelolaan Bukit Panyangrayan Tasikmalaya terdiri dari kelompok organisasi Karang Taruna.

Kehadiran media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan Bukit Panyangrayan. Bahkan, Bukit Panyangrayan saat ini menjadi salah satu wisata Tasikmalaya yang paling populer di kalangan masyarakat.

Lokasi Bukit Panyangrayan

Lokasi Bukit Panyangrayan berada di alamat Desa Pramuka, Sadaukir, Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Ada begitu banyak tempat yang bagus
Ada begitu banyak tempat yang indah. Google Maps. Sumber: Fahmy Bulacan

Jalan menuju Bukit Panyangrayan dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan bagus, tapi yang bawa mobil harus hati-hati, karena banyak tikungan tajam, dan jalan tidak lebar.

Jarak Bukit Banyangrayan dari Terminal Singaparna sekitar 20 kilometer, dan perkiraan waktu tempuh 45 menit, jika menggunakan kendaraan roda empat.

Setelah sampai di area parkir utama Bukit Panyangrayan, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak yang sudah tertata rapi.

Perjalanan ke Bukit Panyangrayan tidak terlalu jauh dari area parkir. Dan di sepanjang perjalanan, Anda akan mendapatkan panorama alam yang memanjakan mata.

Kunjungan wisatawan ke Bukit Panyangrayan disarankan tidak pada saat puncak musim hujan. Sehingga anda bisa menikmati pesona alam dengan baik, termasuk menikmati semua situs yang ada di kawasan Bukit Panyangrayan.

Jalur pendakian dimulai
Awal dari jalur pendakian. Google Maps. Sumber: aku adalah kamu

Harga Tiket Masuk Bukit Banyangrayan

  • Tiket masuk Bukit Panyangrayan Rp. 2000 per orang.
  • Tiket masuk ke area kolam renang Bukit Panyangrayan adalah Rs. 8000 per orang.
  • Tiket Parkir Motor Bukit Panyangrayan Rp. 2000 per satuan.
  • Bukit Banyangrayan Rp. 5000 per satuan.

Jam buka Bukit Panyangrayan

  • Bukit Banyangrayan buka 24 jam.
  • Bukit Panyangrayan bekerja setiap hari selama seminggu.

Meski Bukit Panyangrayan buka 24 jam, sebagian besar pengunjung akan pulang saat senja.

Fasilitas di Phuket Banyangrayan

Fasilitas wisata di Bukit Panyangrayan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • kantin atau toko
  • Gazebo, atau Lezhan,
  • tempat selfie
  • Kolam renang.
Bukit Banyangrayan
Bukit Banyangrayan. Google Maps. Sumber: Bwana Rolla

Objek Wisata Bukit Banyangrayan

1. Bukit yang indah

Pesona keindahan Bukit Panyangrayan terletak di sebuah bukit yang sangat indah di Sukaraja. Di puncak bukit terdapat gazebo, tempat yang nyaman untuk menikmati keajaiban alam dari ketinggian.

Pemandangan yang ditawarkan dari sungai, kebun pepaya, dan persawahan hingga ke beberapa sudut kota. Bukitnya tidak terlalu tinggi, sehingga anak-anak pun bisa mencapai puncaknya. Apalagi treknya didesain dengan baik.

Kawasan Bukit Panyangrayan menjadi salah satu tempat favorit para anak muda dan juga bagi mereka yang ingin rehat sejenak dari tumpukan pekerjaan yang tak ada habisnya.

2. Tempat Selfie

Salah satu situs terbaik
Salah satu situs terbaik. Google Maps. Sumber: Fawzi Al-Ikhwan 02

Daya tarik Bukit Panyangrayan selanjutnya adalah spot selfie kekiniannya. Bahan bakunya didominasi kayu dan bambu, serta finishing dengan sentuhan lacquer berwarna.

Di antara sekian banyak spot selfie di Bukit Banyangrayan, yang menjadi favorit pengunjung adalah jembatan bambu dan lokasi perahu di tepi tebing.

Ini sangat enak, tetapi sangat sebanding dengan hasil jepretan kamera. Namun yang terpenting adalah menjaga keselamatan terlebih dahulu, terutama anak-anak.

3. Kolam renang

Kolam renang
Kolam renang. Google Maps. Sumber: Lida Andriani

Bukit Panyangrayan menjadi destinasi wisata keluarga di Tasikmalaya, apalagi di akhir pekan semakin ramai karena adanya area kolam renang.

Meski hanya ada satu kolam renang yang cocok untuk anak-anak, namun mampu melengkapi kualitas permainan yang ditawarkan di Bukit Panyangrayan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *