5 Destinasi Wisata Terdekat Ke Lombok Mandalika Circuit

  • Share

Sirkuit Lombok Mandalika terkenal sebagai tempat balapan kelas dunia dan sangat dekat dengan objek wisata tepi pantai. Lokasinya berada di tengah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Lombok. Sirkuit tersebut sebelumnya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan World Superbike Speedway (WSBK) mulai 19-21 November 2021.

Selain itu, merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan merupakan tujuan wisata prioritas tinggi di Indonesia. Tahun depan akan ada balapan motor. Tak hanya itu, di sekitar Sirkuit Mandalika juga banyak terdapat tempat wisata menarik.

Destinasi di dekat Sirkuit Lombok Mandalika: Bukit Merese

Destinasi wisata Bukit Merese ini terletak di Jalan Kuta Lombok, Bogut, Lombok Tengah. Untuk sampai ke bukit ini, akan memakan waktu 2 jam dari pusat kota Mataram atau 40 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Dari Bukit Merese, wisatawan bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama indah Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung dari ketinggian. Bagi yang ingin ke tempat ini tidak ada tiket dan hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil.

Pantai Tanjung An

Pantai Tanjung An merupakan destinasi wisata yang menghadap ke Samudera Hindia dengan garis pantai sekitar 2 km. Keistimewaan pantai ini adalah pasirnya yang berbentuk bulat seukuran merica.

Jika Anda berwisata di bulan Februari, ada acara khusus yaitu Ritual Bau Nyale yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ritual tersebut terkait dengan legenda setempat tentang Putri Mandalika.

Baca Juga:  KRB GLOW Night Tour, Bima Arya mengajak mengkaji konsep silau dengan melibatkan para ahli

Pantai Tanjung An Lombok terletak sekitar 75 kilometer dari kota Mataram atau sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika terbang dari Mataram, maka wisatawan akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.

Destinasi wisata terdekat dengan Sirkuit Lombok Mandalika : Pantai Seger Mandalika

Pasir di Pantai Segar adalah pasir merica, seperti yang terlihat di Pantai Tanjung An. Belum lagi perbukitan hijau yang indah. Benar-benar panorama yang menyegarkan mata. Air lautnya masih sangat jernih.

Pantai Seger tidak hanya menyimpan keindahan, tetapi juga sebuah legenda yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat, yaitu legenda Putri Mandalika. Karena itulah sebagian orang menyebut Pantai Segar sebagai “pantai legendaris Putri Nyal”.

Pantai Seger terletak di desa Kuta di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Wisatawan biasanya memilih berwisata ke pantai ini karena terkenal dengan ombaknya yang besar, alam yang indah dan angin yang sejuk.

Pantai Kota Mandalika

Berkunjung ke Lombok tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pantai Kuta Lombok yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Bogut, Kabupaten Lombok Tengah. Dari kota Mataram, pantai ini terletak 72 kilometer ke arah tenggara, dan perjalanannya bisa memakan waktu sekitar 60 menit. Wisatawan sebaiknya menyewa mobil dari Bandara Internasional Lombok untuk menuju Pantai Kuta di Lombok Mandalika.

Pantai Kuta Lombok Mandalika memiliki banyak atraksi, seperti banana boat, kitesurfing dan paralayang. Pantai ini juga dikenal memiliki pasir merica dengan sebutan Pantai Seger. Begitu juga dengan deretan bukit berukuran sedang menambah keindahan pantai ini.

Wisata budaya Desa Sade Heritage

Desa Adat Sade adalah sebuah desa adat suku Sasak, penduduk asli pulau Lombok. Lokasinya berada di Dusun Sad, Desa Rampetan, Kecamatan Bogot, Kabupaten Lombok Pusat. Luasnya sekitar 5 hektar. Jarak dari kota Mataram sekitar 30 km. Diperkirakan desa adat ini berdiri sejak 600 tahun yang lalu dan telah menjadi tujuan wisata budaya sejak lama.

Baca Juga:  Wisata Lubang Kara Bodas, Kawah Putih Instagram di Tasikmalaya

Di Desa Sad Lombok, Anda juga bisa menemukan Bale Tani dan Lumbung. Bale Tani merupakan bangunan yang digunakan untuk perumahan dan Bale Lumbung merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai kebutuhan sehari-hari. Tanaman yang disimpan seperti beras, jagung, kedelai dll.

Bale Tani terbuat dari kayu, dinding dari anyaman bambu, dan atap dari jerami atau alang-alang yang dikeringkan. Sedangkan lantai Bale Tani terbuat dari campuran tanah, getah pohon dan abu jerami, serta campuran kotoran kerbau.

Demikian informasi mengenai tempat wisata yang terdekat dengan Sirkuit Mandalika Lombok Tunggu apa lagi bagi anda yang ingin berwisata ke Lombok kawasan wisata di sekitar Sirkuit Mandalika bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Artikel menarik lainnya: Cerita Rakyat Putri Mandalika Di Balik Surga Alam Tersembunyi Lombok, NTB

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *