5 Desa Wisata Yogya Menawarkan Rekreasi Sejarah dan Edukasi – Trulum ID

  • Share

Terletak di Kabupaten Kotagede, Desa Wisata Prenggan memiliki rumah-rumah tradisional dengan arsitektur Jawa Belanda. Banyak bangunan di desa wisata ini juga sudah tergolong cagar budaya. Bangunan bergaya Jawa Belanda ini sangat cocok untuk diabadikan melalui foto dan video.

Selain menyuguhkan bangunan peninggalan Kerajaan Mataram dan Belanda, wisatawan yang datang ke desa Pringan juga bisa menyaksikan tangan-tangan kreatif para perajin batik dan perak. Wisatawan juga dapat melihat berbagai pertunjukan seni dari Karawitan dan Jathilan hingga Gejong Lesung. Desa Pringan juga terkenal dengan makanan legendarisnya, Kibo.

Jika ingin membeli oleh-oleh, wisatawan bisa mampir di Pasar Pondok tradisional. Wisatawan juga dapat singgah di banyak tempat wisata terdekat lainnya seperti Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Makam Raja-Raja Mataram, Desa Wisata Purbayan dan Situs Warungboto.

Jika ingin bermalam, di sekitar Prenggan atau Kotagede banyak terdapat hotel dan hostel dengan tarif yang relatif murah, mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 per hari, tergantung fasilitas yang ditawarkan hostel.

2. Desa Wisata Burbian

Desa wisata Burbayan dapat dicapai melalui Pasar Legi Kotagede. Tepat di sudut pertigaan pasar terdapat petunjuk arah menuju desa wisata Purbian. Desa wisata ini memiliki banyak situs bangunan sejarah dan budaya yang menampilkan arsitektur khas Jawa serta lingkungan desa yang asri dan ramah bagi pengunjung.

Berkunjung ke desa wisata Purbian akan membuat para wisatawan serasa kembali ke masa kejayaan Kerajaan Mataram. Wisatawan dapat menikmati benteng Cepuri dan Watu Gilang di desa Ndalem. Wisatawan juga dapat mengunjungi Pantat Semar, Batu Gatheng atau Cantheng, Tembok Patah di Raden Ronggo dan Kompleks Makam Raja Panembahan Senopati.

Dibutuhkan sekitar dua jam untuk menjelajahi setiap sudut desa wisata Purbian. Wisatawan bisa menjelajah sendiri atau menyewa pemandu lokal dari Kotagede yang sudah berpengalaman dan mengetahui seluk beluk Desa Wisata Purbayan.

Baca Juga:  Mencoba Emerging River Tubing Semarang
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *