2-5 Desember 2021, Bogor siap jadi tuan rumah Konferensi JKPI ke-5

  • Share

Trulum ID, Bogor Bogor siap menjadi tuan rumah Konferensi Jaringan Kota Warisan Indonesia (JKPI) ke-5 sekaligus meresmikan Ibu Kota Kebudayaan pada 2-5 Desember 2021.

Salah satu pendiri JKPI tahun 2008, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mindicbod Ristic), Nadim Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MinParkraf), Sandiaga Salahuddin Ono, dan sejumlah gubernur dan delegasi diundang ke konferensi tersebut.

“Persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari sesuai dengan standar acara JKPI, baik konferensi, rapat koordinasi nasional maupun seminar,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Otib Bodeman, Sabtu (20/11/2021).

Ia mengatakan, koordinasi dengan Dirut JKPI dilakukan hingga acara pra-konferensi di Aceh yang merupakan bagian dari persiapan kongres. Saat ini, panitia yang dipimpin oleh Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Bogor, Dodi Adiyat, sedang mempersiapkan serangkaian acara, termasuk banyak venue dan detail konferensi.

Kemarin, kami mempresentasikan di depan orang tua kami persiapan kami untuk 2 Desember. Alhamdulillah, secara umum wali merespon positif, sesuai dengan yang diharapkan sebagai tuan rumah konferensi.”

Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya, untuk menonjolkan identitas Bogor sebagai smart city, green city, dan heritage city.

Kadisparbud menjelaskan, agenda utama adalah Musyawarah JKPI yang akan memilih Kepresidenan dan Pengurus untuk masa jabatan 2022-2024. Pada Kamis, 2 Desember, para delegasi yang hadir di Balai Kota Bogor akan disambut Walikota Bogor, Wakil Walikota Bogor dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Bogor.

“Malamnya ada welcome dinner di area gedung Ex Bakorwil atau di Bogor Creative Center (BCC) dan acara exhibition,” ujarnya.

Apalagi, pada tanggal 3 dan 4 Desember akan digelar pentas seni di kawasan gedung Ex Bakorwil atau di Bogor Creative Center. Kemudian pada tanggal 4 Desember ada city tour yang mengunjungi beberapa tempat di Bogor, seperti Batutolis. Setelah itu dilanjutkan dengan gala dinner dan karnaval di area aula basket GOR Pajajaran.

Baca Juga:  Tempat Wisata yang Aman dari Virus Corona

Pada hari Minggu, 5 Desember akan diselenggarakan Konferensi JKPI ke-5 di Puri Begawan yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadim Makarem, Minbargraphraf, Sandiaga Salahuddin Ono dan Gubernur.

“Mungkin tidak bersamaan dengan konferensi, mungkin saat jamuan makan malam atau karnaval dan sebagainya,” ujarnya.

Oteeb mengatakan konferensi JKPI adalah acara utama. Jumlah anggota JKPI sekitar 72 kota/daerah di Indonesia.

“Namun saat ini belum optimal sampai hari H. Kami berharap cukup kuorum untuk mengambil keputusan anggota JKPI untuk memilih Presiden,” jelasnya.

Setelah konferensi, akan ada pertemuan Presidium terpilih JKPI dengan anggota, pengurus dan Pengurus. Mereka sedang merumuskan program-program JKPI ke depan, termasuk persiapan Rapat Aksi Nasional di Belembang mendatang.

Pada acara konferensi tersebut, JKPI juga meluncurkan Ibukota Kebudayaan. Ada 6 kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai kota cagar budaya.

Pihaknya juga berencana memberikan hadiah kepada penggagas JKPI, antara lain Joko Widodo dan Tri Rismaharini.

“Kami berharap Presiden berkenan untuk mengikuti rangkaian acara atau berkunjung ke Istana Bogor untuk menyerahkan penghargaan, namun belum final,” kata (Ian Loquito).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *