Tutorial Google Meet di Ponsel Cerdas (Android) – Orang Tua Digital Cerdas

  • Share

Dalam artikel sebelumnya, kami menunjukkan cara menggunakan Google Meet untuk telekonferensi, terutama sebagai penyelenggara rapat. Kemudian ada beberapa permintaan kepada kami untuk menjelaskan cara menggunakan Google Meet di ponsel, terutama sebagai peserta rapat.

Karena banyak peserta yang menekan tombol presentasi di layar atau tombol ‘present’ di smartphone mereka, sehingga aktivitas rapat tidak terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan tampilan Google Meet “dikendalikan” oleh layar tampilan smartphone peserta yang menekan tombol “present” atau menampilkan layar tersebut. Nah, berikut ini kami sajikan cara menggunakan Google Meet di smartphone Google Android untuk Anda sebagai peserta rapat.

Kita bisa mendapatkan Google Meet dengan menginstal aplikasi Google Meet melalui Google Playstore. Ketik kata “Google Meet” di Google Playstore, lalu instal aplikasinya.

Baru setelah itu kita bisa membuka aplikasi Google Meet yang akan menampilkan halaman awal seperti gambar di bawah ini. Untuk kenyamanan aktivitas Google Meet, event organizer biasanya meminta untuk mematikan mikrofon smartphone, dan untuk mematikan mikrofon, klik tombol mikrofon di kiri bawah seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah.

Kemudian, jika kita ingin mematikan fungsi kamera, kita bisa mengklik tombol kamera di kanan bawah seperti gambar di bawah ini.

Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Jika kita ingin memasukkan aktivitas rapat google secara manual, kita harus memasukkan kode rapat melalui menu “kode rapat” di kanan bawah.

Masukkan kode google meeting yang diberikan oleh penyelenggara, lalu klik Join Meeting atau Join Meeting. Jangan klik “Kirim” atau “Presentasi” Karena akan menampilkan tampilan kita ke peserta rapat lainnya, berpotensi mengganggu aktivitas Google Meeting.

Setelah memasukkan kode rapat, opsi untuk meminta izin bergabung ke rapat akan muncul. Jika kita membuka Google Meet menggunakan link yang dibagikan melalui WhatsApp atau email, kita akan langsung masuk ke page view tersebut. Pastikan untuk (1) mematikan mikrofon, dan juga mematikan kamera jika perlu, lalu (2) klik Minta Gabung untuk meminta izin bergabung ke rapat.

Jika kita klik menu “Request to Join”, kita tinggal menunggu konfirmasi dari pihak penyelenggara rapat agar bisa mengikuti kegiatan rapat.

Jika kita masuk ke aktivitas google meeting, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Karena kita telah menonaktifkan mikrofon smartphone sebelumnya, untuk berkomunikasi dengan semua peserta rapat, kita dapat menggunakan fitur Obrolan melalui tombol menu obrolan di tengah layar.

Di menu obrolan, cukup klik bidang obrolan, ketik pesan yang ingin Anda transfer, lalu klik tombol “Kirim” atau “Kirim”.

Jika rapat sudah selesai, atau kita ingin keluar dari rapat, cukup klik tombol Tutup di tengah layar, atau klik tombol Kembali di menu navigasi di bagian bawah layar smartphone Android.

Kemudian kita beralih ke tampilan seperti di bawah ini. Jika kami tidak sengaja meninggalkan rapat, cukup klik tombol “Gabung kembali” atau “Gabung lagi”. Jangan klik “Kirim” atau “Presentasi” Karena akan menampilkan tampilan kita ke peserta rapat lainnya, berpotensi mengganggu aktivitas Google Meeting.

Demikian tutorial kali ini semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengikuti dan menyukai akun Twitter kami di penyematan tweet Begitu juga dengan Facebook kami orang tua cerdas digital Agar semakin banyak teman, saudara dan orang lain yang tahu, agar informasi dan program edukasi kami bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Baca Juga:  4 Hal yang Harus Dihindari Saat Menunggu Lampu Merah I Trulum ID.id

Jika ada pertanyaan tentang tutorial ini, atau ada tutorial yang ingin ditampilkan di situs ini, silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah, atau kirim pesan langsung ke akun media sosial kami. Terima kasih banyak.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *