Tambah dan Gunakan Akun Gmail Keluarga di Perangkat Android – Digital Smart Parents

  • Share

Jika beberapa anggota keluarga kami memiliki beberapa perangkat Android, sebaiknya buat satu akun Gmail pribadi yang akan digunakan oleh semua perangkat anggota keluarga. Ada banyak keuntungan menggunakan akun Gmail bersama ini. Diantaranya, Google Find My Device mudah digunakan untuk melacak lokasi perangkat semua anggota keluarga sekaligus, dapat menyimpan pembelian aplikasi berbayar, dan juga dapat digunakan sebagai perantara pengiriman pesan antar anggota keluarga.

Pada postingan sebelumnya, kami menjelaskan cara membuat akun Gmail baru untuk perangkat Android. Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara menambahkan akun Gmail yang dibuat ke perangkat lain. Juga cara menggunakannya untuk berbagai aplikasi Google di perangkat Android.

Perangkat android yang digunakan sebagai contoh dalam artikel ini adalah Samsung Tab S2.

Pada layar pertama atau layar utama, masuk ke menu Pengaturan atau “Pengaturan”

Di Pengaturan, ketuk menu Akun atau “Cloud dan akun”

Kemudian klik menu “Akun” atau “Akun”.

Pada halaman Akun, klik menu Tambah Akun.

Kemudian pilih “Google”

Itu akan dihapus dari daftar oleh Google. Masukkan alamat email yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik Next atau Next

Di halaman berikutnya, masukkan kata sandi akun Gmail Anda, lalu klik Berikutnya atau Berikutnya

Jika alamat email dan password sudah benar, kami akan masuk ke halaman perjanjian untuk syarat dan ketentuan yang berlaku. Silakan klik “Saya setuju” atau “Saya setuju”

Maka proses penambahan akun gmail selesai. Untuk memastikan akun gmail sudah masuk di perangkat, maka pada halaman akun atau akun kita klik menu “Google”

Kemudian kita dapat melihat bahwa akun gmail yang telah kita masukkan berada di bagian bawah daftar akun gmail pada perangkat.

Tambahkan akun Gmail yang sama untuk semua perangkat android milik semua anggota keluarga. Sehingga semua perangkat terhubung ke alamat email yang sama. Ada banyak keuntungan menggunakan alamat email bersama, dan berikut ini cara menggunakannya di beberapa aplikasi Google.

  1. gmail
Baca Juga:  Smartphone Terjatuh ke Air? Lakukan Ini Segera

Di aplikasi Gmail, dengan akun alamat Gmail bersama, alamat Gmail dapat digunakan sebagai media komunikasi pribadi antar anggota keluarga yang lebih rahasia daripada media komunikasi grup seperti whatsapp atau media SMS lainnya. Dengan mengirim satu email ke alamat Gmail bersama, semua perangkat Android anggota menerima email secara otomatis. Berikut cara beralih antar akun dalam aplikasi Gmail.

Buka aplikasi Gmail

Klik menu akun di pojok kanan atas.

Kemudian pilih akun alamat Gmail keluarga, sehingga aplikasi Gmail akan mengalihkan tampilan ke daftar kotak masuk akun Gmail keluarga.

2. Google Drive

Mirip dengan aplikasi Gmail, jika perangkat Android seluruh keluarga juga menggunakan alamat email bersama keluarga, semua file yang disimpan di Google drive di akun tersebut akan dapat dibuka oleh semua perangkat Android anggota keluarga. Cara berpindah akun di aplikasi Google Drive adalah sebagai berikut.

Buka aplikasi Google Drive.

Kemudian klik menu akun di pojok kanan atas.

Pilih akun Gmail bersama yang dimiliki oleh seluruh keluarga. Kemudian Google Drive akan menampilkan kotak penyimpanan Google Drive akun Gmail untuk semua anggota keluarga.

3. Google Playstore

Salah satu keuntungan menggunakan akun Gmail bersama untuk semua perangkat Android milik seluruh keluarga adalah aplikasi berbayar. Aplikasi berbayar pada dasarnya adalah versi pro, yang hanya memerlukan satu uang muka untuk membeli aplikasi.

Dengan melakukan pembelian satu kali di satu perangkat Android, semua perangkat Android keluarga yang juga terhubung ke akun Gmail bersama akan dapat menginstal aplikasi yang sama tanpa harus membeli atau membayar lagi.

Untuk dapat menginstal aplikasi yang sama, Google Playstore harus berada di akun Gmail bersama. Cara berpindah akun juga mirip dengan aplikasi Gmail dan Google Drive, yaitu:

Baca Juga:  Kode warna estetika HTML 2021 dalam warna penuh

Buka aplikasi Google Playstore

Kemudian klik menu akun di pojok kanan atas.

Dalam daftar akun, pilih akun Gmail bersama milik semua anggota keluarga. Jika kita mencari aplikasi berbayar pra-pembelian, status aplikasi akan tertulis “Dibeli” atau “Berbayar”. Kami hanya melakukan instalasi.

4. Temukan perangkat saya

Jika semua perangkat Android milik seluruh keluarga menggunakan akun Gmail bersama, maka akan mudah bagi kita untuk melacak lokasi semua perangkat Android milik seluruh keluarga menggunakan aplikasi Find My Device. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

Buka aplikasi Temukan Perangkat Saya

Pada halaman Daftar Akun, pilih akun Gmail bersama yang dimiliki oleh seluruh keluarga.

Kemudian pada halaman selanjutnya, klik menu “Continue As…” atau “Continue As…”

Kemudian masukkan kata sandi email

Setelah memasukkan kata sandi email, klik “Login” atau “Login”

Kemudian Google Find My Device akan menunjukkan posisi perangkat android milik anggota keluarga kita. Data yang ditampilkan adalah lokasi masing-masing perangkat. Ada daftar perangkat yang terkait dengan akun Gmail bersama di sudut kiri atas. Silakan klik satu per satu untuk setiap perangkat Android untuk melihat lokasi masing-masing perangkat.

Dengan akun Gmail bersama, kita tidak perlu menggunakan alamat email pribadi setiap anggota keluarga. Jadi mereka masih memiliki privasi untuk akun Gmail mereka, dan kami masih dapat melacak lokasi perangkat Android mereka.

Demikian tutorial kali ini semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk mengikuti dan menyukai akun Twitter kami di penyematan tweet Begitu juga dengan Facebook kami orang tua cerdas digital Agar semakin banyak teman, saudara dan orang lain yang tahu, agar informasi dan program edukasi kami bermanfaat untuk lebih banyak orang. Terima kasih!!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *