Ini Syarat dan Cara Ganti Nama STNK

  • Share

Udah tau belum cara ganti nama STNK? Saat membeli mobil tentunya Anda harus memperhatikan BPKB dan mendaftarkan mobil yang akan diakuisisi. Karena dua hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Jika Anda membeli sepeda motor bekas, Anda perlu mengetahui cara mengubah nama STNK dan BPKB. Prosedur perubahan nama STNK sendiri cukup rumit dan harus memenuhi banyak tahapan dan persyaratan yang agak panjang yang harus dipenuhi.

Pengalihan STNK merupakan pengalihan yang dilakukan oleh pemilik kendaraan pertama kepada pemilik kendaraan berikutnya, dan pengalihan ini juga penting dalam surat BPKB. Kedua surat tersebut sangat penting sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Fungsi STNK sangat vital, begitu juga kelengkapan kendaraan bermotor dan dokumen yang harus dibawa saat berkendara atau bepergian. Dengan mendapatkan STNK, masyarakat akan mengetahui bahwa hasil sepeda motor tersebut benar-benar milik Anda dan bukan hasil curian, sehingga sangat penting untuk mengetahui cara mengganti nama sepeda motor STNK saat membeli sepeda motor bekas dari orang lain.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengubah nama STNK

Sebelum melanjutkan dengan cara ganti nama STNK, ada baiknya mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan yang perlu dipenuhi untuk memudahkan kelancaran proses perubahan nama STNK. Berikut beberapa dokumen yang harus Anda siapkan, yaitu;

  • Salinan STNK asli dan foto pemilik motor lama
  • Asli dan copy KTP pemilik baru
  • Asli dan copy BPKB
  • Asli dan salinan faktur
  • Dapatkan struk pembelian sepeda motor yang sudah ditandatangani dengan materai

Tentunya dokumen yang dibutuhkan harus disiapkan terlebih dahulu agar tidak ada yang terlupakan. Anda bisa menghubungi pemilik motor lama untuk segera mengganti nama STNK.

Baca Juga:  4 Tips Memilih Smartphone Sesuai Budget

Pergi ke Samsat

Untuk mengurus transfer nama STNK bisa langsung mengurusnya dengan mendatangi Samsat atau One Stop Manunggal terdekat dari tempat anda dengan membawa dokumen persyaratan yang sudah disiapkan. Kantor Samsat yang dikunjungi diatur ke alamat yang tertera pada KTP atas nama pemilik baru.

Jika regionnya berbeda, maka proses invalidasi file harus dilakukan terlebih dahulu. Misalnya Anda ingin mengganti nama dari Jakarta menjadi Tangerang, maka Anda harus memproses file pencabutan ke Samsat Jakarta dan proses transfer nama ke Tangerang.

tugas pemeriksaan fisik

Cara mengganti nama STNK sepeda motor sendiri adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik, dimana anda membawa sepeda motor ke pos pemeriksaan fisik, kemudian petugas melakukan pemeriksaan fisik kendaraan anda. Akibatnya, Anda akan diberikan lembar pemeriksaan sepeda motor yang sebenarnya berisi nomor sasis dan nomor mesin.

Kemudian, Anda dapat melaporkan file pemenuhan yang disiapkan untuk memvalidasi pemeriksaan fisik dan membayar biayanya. Setelah melakukan verifikasi lama, Anda akan mendapatkan hasil catatan dan berkas pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Pastikan kwitansi pembelian dan hasil pemeriksaan fisik disalin dan disimpan dengan baik untuk mengurus penyerahan nama BPKB selanjutnya.

Transfer kepemilikan

Cara mengurus STNK selanjutnya adalah dengan mendaftarkan nama belakang Gedung Samsat. Tentunya Anda harus membawa persyaratan yang dipersyaratkan, mulai dari STNK asli dan fotokopinya, KTP asli dan fotokopinya, BPKB asli dan fotokopinya, hasil pemeriksaan fisik yang sudah divalidasi dan kuitansi pembelian sepeda motor.
Pastikan untuk membawa semua perlengkapan, untuk memudahkan melakukan cara mengganti nama STNK.

Setelah petugas memeriksa dokumen, Anda akan diberikan formulir untuk diisi dan kemudian dikembalikan ke petugas lain. Tunggu beberapa menit untuk dihubungi dan Anda akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran. Setelah dua hingga lima hari, Anda biasanya akan mendapatkan notifikasi.

Baca Juga:  5 Cara Mengunduh Gambar di Pinterest dari Ponsel dan Laptop

Perhatikan dan bayar pajak

Nanti harus kembali ke kantor Samsat dengan membawa kwitansi dan BPKB asli dan harus ditunjukkan di kantor pendaftaran transfer. Jangan lupa membawa dokumen seperti fotokopi struk pembelian dan hasil pemeriksaan fisik sepeda motor. Setelah itu, Anda akan diberikan pemberitahuan pajak dengan rincian berapa pajak yang harus dibayar, dan kemudian Anda akan melakukan pembayaran.

mengambil STNK

Setelah membayar pajak sesuai dengan jumlah yang ditentukan, Anda akan mendapatkan registrasi kendaraan yang berganti nama atau berganti nama dan Anda akan memiliki registrasi kendaraan sepeda motor.
Berikut beberapa hal tentang cara mengganti nama STNK sepeda motor yang bisa Anda pelajari. Meski rumit, Anda harus melakukannya dengan benar agar bisa mempercepat prosesnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *