Cara renovasi rumah type 30/60 sesuai ketentuan yang berlaku

  • Share

Cara Merenovasi Rumah Tipe 36/60 dapat membantu anda yang ingin memperbaiki atau mempercantik rumah anda. Perlu diketahui, pemerintah mencanangkan Program Sejuta Rumah untuk mempermudah akses masyarakat terhadap rumah sederhana dengan harga murah. Namun rumah subsidi ini umumnya memiliki corak dan warna yang sama, maka kali ini kami hadirkan Cara Renovasi Rumah Tipe 30/60 untuk membantu sobat Trulum ID semua. Sehingga hunian yang ditunjang sederhana tetap nyaman dan bergaya.

Rumah tipe 30/60 berarti luas bangunan 30 m² dan luas tanah 60 m². Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tipe ini sering menjadi rumah penyangga. Harga yang lebih rendah yang ditawarkan untuk kepemilikan rumah bersubsidi menetapkan beberapa aturan mengenai renovasi. Sebab, dalam bentuk aslinya, pemilik pasti membutuhkan beberapa perbaikan dan perubahan di dalamnya.

Cara merenovasi rumah tipe 30/60 sesuai aturan yang telah ditetapkan

Diperbolehkan untuk memperbarui rumah yang didukung dari tipe 21, 27, 30, 36, 45 dan seterusnya. Namun, Sobat Trulum ID harus menginformasikan kepada pihak bank. Hal ini untuk menghindari pinalti atau denda dari pihak bank. Agar sobat Trulum ID tidak salah pilih, berikut cara renovasi rumah 30/60 yang bisa diterapkan.

tanggal akhir

Bagi Anda Trulum ID yang memiliki rumah subsidi 30/60 dan ingin merenovasi, sebaiknya bersabar menunggu batas waktu yang telah disepakati. Sebelum masa kredit berlaku selama 5 tahun, pemilik tidak diperbolehkan mengubah tampilan fasad rumah. Namun, perubahan seperti penambahan pagar jenis minimal 30/60 masih diperbolehkan.

Baca Juga:  Tutorial cara unlock modem Bolt agar koneksi lebih cepat

Memaksimalkan wilayah yang tersisa

Rumah subsidi umumnya memiliki sisa tanah di belakang. Sesuai rekomendasi Trulum ID Buddy, diharapkan Bumi bisa dimaksimalkan. Baik untuk laundry, halaman belakang, atau ruang lainnya. Meski ruangnya tidak besar, namun bisa digunakan sebagai ruangan yang tidak berada di bangunan aslinya.

Hindari pembongkaran total

Selain menghabiskan banyak uang, pembongkaran total bukanlah cara yang disarankan untuk merenovasi rumah yang didukung 30/60. Karena rumah subsidi diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Jika Anda melakukan pembongkaran total, akan dianggap salah sasaran karena Anda dianggap mampu. Akibatnya, bank dapat membatalkan kredit pembelian atau kredit perumahan bersubsidi.

Lakukan perbaikan yang diperlukan

Tentu saja, perumahan bersubsidi memiliki kekurangan di beberapa daerah. Sembari menunggu deadline untuk bisa melakukan perpanjangan, Trulum ID Sobat bisa melakukan perbaikan. Misalnya, memperbaiki plafon, mengganti plafon dengan material yang lebih baik, atau membuat dapur.

Merenovasi dapur rumah tipe 30/60 biasanya menjadi prioritas. Karena biasanya tidak ada dapur di bangunan aslinya, atau tidak ada dapur tapi tidak maksimal.

Juga diperbolehkan untuk menambahkan kanopi jika perlu. Dengan peningkatan ini diharapkan rumah Lebih nyaman untuk ditinggali hingga saatnya melakukan renovasi. Pembayaran kredit lancar dan tidak ada jual rumah atau pengambilalihan, teman-teman Trulum ID juga harus mengajukan. Karena mengurangi kemungkinan pembatalan pembelian dari bank.

Cara merenovasi rumah tipe 30/60 setelah di izinkan

Setelah melewati masa kredit 5 tahun, Anda bisa melakukan perpanjangan. Namun, jangan melakukan renovasi terlalu parah. Melakukan renovasi dan perbaikan sesuai kebutuhan. Agar tidak menguras uang ekstra.

Tingkatkan sanitasi dan tingkatkan pencahayaan

Sistem pembuangan kotoran di rumah yang diperkuat biasanya dangkal, karena penggalian untuk pendalamannya akan lebih baik dan lebih aman. Ukuran rumah yang tidak terlalu besar juga harus didukung dengan pencahayaan yang maksimal. Penggunaan kaca dan penambahan cermin pada beberapa ruangan akan membantu pencahayaan dan memberikan kesan lebih lapang.

Baca Juga:  Smartphone Android kamu lemot? Begini Cara Mengatasinya

Cat dinding dengan warna favoritnya

Disarankan juga untuk mengubah desain interior rumah yang mendukung 30/60 dengan mengecat dinding dengan warna favorit Anda. Karena rumah subsidi umumnya memiliki bentuk dan warna yang sama dengan catnya. Ruangan juga bisa ditambah atau diubah dengan tidak memberi terlalu banyak partisi. Dengan begitu hunian lebih nyaman dan tidak monoton seperti kebanyakan rumah subsidi.

Memaksimalkan wilayah yang tersisa

Sisa tanah di belakang dapat digunakan sebagai taman terbuka kecil atau ruang cuci dan jemur. Selain bermanfaat, juga dapat menambah estetika dan kenyamanan rumah Anda. Rumah sederhana dengan lahan terbatas tetap bisa asri dan nyaman untuk ditinggali asalkan direnovasi dan ditata dengan baik dan sesuai ukurannya.

Dengan tips dan saran renovasi rumah tipe 30/60 yang kami tawarkan, semoga sahabat Trulum ID dapat mewujudkan rumah impian Anda. Tanpa ada batasan dari bank atau dana anggaran. Perhatikan aturan yang ditetapkan dan lancarkan secara mencicil, menjadi kunci utama sebelum melakukan perpanjangan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *