4 Tips Mudah Agar Mobil Anda Lulus Uji Emisi I Trulum ID.id

  • Share

Kebijakan pengujian emisi kembali didorong. Namun, kali ini ada denda bagi yang tidak melakukannya. Simak tips mudah berikut ini

Setelah beberapa kali molor dari jadwal, Pemerintah Provinsi (Pimprov) DKI Jakarta akhirnya mengumumkan implementasi kebijakan uji emisi. Kebijakan pengurangan polusi gas buang kendaraan disosialisasikan hingga 12 November mendatang. Selanjutnya, uji emisi akan menjadi wajib bagi semua pemilik kendaraan. Jika Anda menolak, akan ada denda yang tertunda.

Hukuman berat ini rencananya akan dilaksanakan mulai 13 November mendatang. Bagi Anda yang belum melakukan uji emisi, disarankan untuk melakukannya sesegera mungkin. Jangan khawatir karena Karo Indonesia Ini akan memberikan tips mudah tentang cara agar mobil Anda lulus uji emisi gas buang. penasaran? Mari kita lihat bersama.

1. Lakukan servis rutin

Perawatan rutin pada Auto2000

Perawatan rutin juga membantu mengontrol emisi gas buang kendaraan Anda

Tips paling mudah untuk mengurangi tingkat polusi gas buang adalah dengan melakukan servis berkala. Perawatan ini meliputi penggantian pelumas dan penyetelan untuk membersihkan berbagai komponen mesin dan kendaraan. Dengan melakukan service rutin dengan disiplin, kondisi mesin selalu terjaga dengan baik. Dampak positif dari pengoperasian mesin dapat berupa optimalisasi dalam memberikan tingkat kinerja, efisiensi dan emisi yang minimal.

-> Mudah memeriksa mobil bekas di Karoo Checkpoint

2. Lakukan pembersihan karbon

Baik mesin bensin dan diesel menghasilkan tumpukan karbon di kepala silinder. Hal ini cukup beralasan karena sesuai dengan kondisi penggunaan dan trafik yang sangat padat. Lapisan karbon memiliki efek negatif pada mesin dan emisi gas buang. Untuk itu, pembersihan karbon sangat dianjurkan, terutama untuk mobil bekas di atas 5 tahun.

Baca Juga:  12 Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Full 2021

Proses pembersihan karbon sebelum uji emisi

Bersihkan karbon agar kondisi dan performa mesin selalu terjaga

Anda dapat melakukan pembersihan karbon di bengkel langganan atau melakukannya sendiri di rumah menggunakan pembersih karbon cair yang banyak tersedia di pasaran. Jasa carbon cleaning sendiri umumnya mulai dari Rp 250 ribu. Untuk menjaga kondisi mesin tetap ideal, sebaiknya lakukan pembersihan karbon minimal setahun sekali.

3. Periksa knalpot

Tips selanjutnya adalah memeriksa knalpot atau saluran pembuangan. Sebagai saluran pembuangan akhir, knalpot sangat menentukan kinerja mesin, efisiensi, dan tingkat emisi gas buang. Seiring waktu, pipa knalpot rentan terhadap penetrasi dan kebocoran. Jika terjadi kebocoran, tekanan pada sirkulasi gas buang akan berkurang. Mereka mengganggu pengoperasian mesin dan menyebabkan penurunan kinerja, pemborosan, dan peningkatan emisi gas buang.

pemeriksaan catalytic converter

Konverter katalitik yang tidak lagi sesuai untuk digunakan dapat berkontribusi pada peningkatan emisi gas buang

Periksa kembali kondisi knalpot, jika ada kebocoran segera perbaiki. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi catalytic converter karena filter gas berbahaya terletak di saluran pembuangan atau pipa knalpot. Konverter katalitik yang tersumbat juga akan mengakibatkan penurunan performa mesin, pemborosan bahan bakar, dan peningkatan emisi.

-> 4 Ciri-ciri Kompresor AC yang Mulai Bergolak

4. Pilih mobil bekas yang bersertifikat

Dealer Automall CARRO Harapan Indah

Trulum ID Indonesia Menawarkan Mobil Bekas Bersertifikat Kondisi Seperti Mobil Baru

Jika kendaraan Anda memiliki gejala dan masalah mesin, mungkin sudah saatnya untuk mengganti kendaraan Anda. Pilihan terbaik adalah mengganti atau membeli mobil bekas bersertifikat dan terjangkau. Trulum ID Indonesia siap membantu memiliki mobil bekas bersertifikat dengan kualitas terbaik.

-> Apakah Anda mencari kendaraan yang Anda inginkan? Silakan periksa situs web Caro

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *