4 Cara Mengalahkan Laptop Black Blank Tapi Bisa Dicoba Langsung

  • Share

Layar laptop hitam biasa terjadi ketika ada driver grafis yang rusak atau masalah dengan lampu latar LCD. Untuk menguji monitor desktop Anda rusak atau tidak, Anda dapat menghubungkan monitor eksternal dan restart komputer Anda. Jika gambar sudah dapat ditampilkan di monitor eksternal, mungkin terjadi konflik antara driver grafis dan layar LCD notebook yang menyebabkan layar laptop menjadi hitam namun tetap menyala. Untuk masalah ini, kami akan membagikan cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup.

Layar laptop hitam seperti warna mati tanpa layar, tanpa pilihan, tanpa apa-apa, sebenarnya adalah masalah umum. Biasanya ada beberapa indikator, seperti lampu LED menyala, hard disk berputar, tetapi tidak ada layar sama sekali.

Masalah ini sering terjadi pada pengguna, terutama ketika Microsoft mendorong pembaruan OS Windows. Hal ini biasanya juga menjadi alasan lain, sehingga perlu adanya cara untuk memperbaiki laptop yang macet saat dinyalakan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab masalah ini sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi laptop blank hitam tapi lugas.

Baca Juga: Cara Mengonversi Gambar ke PDF Online dan Offline

Solusi yang sesuai untuk masalah ini dapat ditemukan di mana saja di Internet, dan kebanyakan dari mereka akan terkait dengan reset Windows atau reset komponen, yang sepenuhnya menghapus data hard drive Anda.

Coba metode sederhana terlebih dahulu seperti menekan dan menahan tombol daya perangkat selama 10 detik untuk mematikannya, lalu cabut adaptornya. Setelah 30 detik, pasang kembali adaptor dan mulai ulang. Jika Anda masih dapat melihat layar hitam meskipun laptop Anda menyala, Anda dapat melanjutkan membaca artikel ini untuk menyelesaikan masalah.

Sebelum membahas cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, ada beberapa alasan umum mengapa masalah ini terjadi

Baca Juga:  Apa itu Kode Teman Steam? Cara menggunakannya - Tips Komputer Terbaru

Faktor yang membuat laptop menampilkan layar hitam (black screen)

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup
(Sumber: laptopmain.com)

Komputer tidak menyala

Meskipun Anda mungkin tidak dapat melihat apa pun di layar, dengarkan laptop Anda untuk Trulum ID yang menunjukkan apakah laptop/komputer Anda menyala. Jika memang benar tidak ada Trulum ID sama sekali, simak alasan selanjutnya.

masalah OS

Jika komputer dihidupkan, tetapi layar menjadi hitam atau kosong setelah memasuki proses login, mungkin ada masalah dengan sistem operasi.

Salah satu penyebab utama masalah ini adalah kerusakan file atau file sistem Terdiri dari yang mencegah sistem operasi dari Memuat untuk alasan ini Ini menghasilkan layar hitam atau kosong.

Coba mulai ulang Windows untuk melihat apakah ini masalah sementara dan dapat diselesaikan hanya dengan memulai ulang. Jika masalah berlanjut, format hard drive dan instal ulang Windows.

Pengaturan kecerahan terlalu rendah

Jika gambar terlihat atau sebagian redup, ada kemungkinan kecerahan laptop rendah atau dimatikan oleh pengaturan daya. Pastikan laptop tidak dalam mode hemat daya dengan menghubungkan laptop ke sumber listrik.

Selanjutnya, coba tingkatkan kecerahan pada laptop Anda untuk memeriksa apakah masalahnya memang disebabkan oleh kecerahan.

Laptop terlalu panas

Anda juga dapat memeriksa untuk melihat apakah laptop Anda terlalu panas atau tidak. Dalam kebanyakan kasus, laptop mati ketika terlalu panas. Suhu yang sangat panas juga mempengaruhi umur baterai laptop. Jika Anda mengalami masalah serupa, Anda dapat mempelajari cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis.

Ada masalah dengan komponen laptop/komputer

Jika masalah blank laptop masih benar-benar ada maka kemungkinan besar disebabkan oleh komponen yang rusak pada laptop yang sudah saatnya diganti. Komponen utama yang terpengaruh biasanya termasuk monitor, VGA, motherboard, atau ada komponen kabel yang sudah usang.

Anda beruntung jika masih memiliki garansi, karena biaya penggantian komponen ini biasanya tidak murah. Siapkan kantong yang lebih dalam untuk menyervis laptop Anda.

Baca Juga:  Tips Menyaring Konten Netflix untuk Anak-Anak dan Dewasa

Nah tentunya sebelum ke service center ada baiknya ikuti beberapa cara mengatasi laptop blank hitam tapi langsung saja dibawah ini :

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup
(Sumber: easyus.com)

Coba mulai ulang Explorer.Exe

Anda mungkin mengalami masalah layar hitam karena proses explorer.exe di komputer Anda telah ditutup paksa (mungkin oleh virus). Ini adalah proses yang mengelola desktop, bilah tugas, dll. pada sistem operasi di laptop atau komputer Anda. Jika explorer.exe ditutup, layar desktop dan Tugas Ini akan menjadi tidak terlihat, dan Anda akan mendapatkan masalah layar hitam.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat memeriksa dan memulai ulang proses secara manual. Caranya sangat mudah, buka Task Manager, pilih Details lalu pilih End process di Explorer.exe.

Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka layar Run. Cukup ketik explorer.exe, lalu tekan OK.

Masuk ke mode aman dan batalkan semua perubahan yang dibuat sebelumnya

Anda mungkin telah mengubah beberapa pengaturan atau menginstal perangkat lunak di komputer Anda yang mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi komputer Anda. Ini bisa menjadi salah satu alasan untuk masalah layar hitam pada perangkat Anda.

Anda dapat mencoba masuk ke mode aman dan membatalkan perubahan ini. Mode aman adalah mode diagnostik sistem operasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah pada komputer Anda.

Metode untuk memasuki Safe Mode bervariasi tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan.

Saat dalam mode aman, batalkan perubahan terbaru yang sebelumnya Anda buat di pengaturan sistem, atau hapus program yang baru saja Anda instal.

Baca juga: Apa Definisi Perangkat Periferal Bluetooth? Berikut penjelasan lengkapnya!

Jika Anda memperbarui sistem Anda tepat sebelum masalah layar hitam muncul, hapus instalan pembaruan itu dan hubungi Microsoft atau forum terkait untuk mendapatkan saran.

Baca Juga:  Inilah Cara Bypass Kredit Mobil yang Benar dan Aman I Trulum ID.id

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda ubah sebelumnya, kami sarankan Anda menggunakan fitur System Restore untuk mengembalikan PC Anda ke normal.

Cara Mengalahkan Laptop Kosong Hitam Tapi Hidup: Hard Reset

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup
(Sumber: windowspasswordsrecovery.com)

Semua produsen laptop biasanya mengizinkan Anda untuk melakukan hard reset atau reset pabrik perangkat Anda ketika Anda mengalami masalah yang menyebabkan perangkat tidak berfungsi.

Jika Anda tidak tahu cara melakukan hard reset, coba hubungi pabrikan atau cari bantuan di forum dukungan resmi. Meskipun metode ini akan menghapus data dan aplikasi, namun patut dicoba karena biasanya digunakan untuk mengatasi masalah tampilan kosong atau hitam.

Bawa ke layanan

Sebagai cara mengatasi laptop hitam kosong tapi laptop terakhir hidup, anda bisa langsung membawa laptop anda ke service center yang resmi Tentu saja.

Jika tidak ada metode di atas yang dapat membantu, masalah yang Anda alami mungkin merupakan masalah perangkat keras yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Anda mungkin perlu mencari bantuan dari ahli komputer.

BACA JUGA: JENIS MODEM WIFI YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Jika laptop Anda masih dalam garansi, Anda dapat menghubungi produsen perangkat keras Anda dan meminta mereka untuk memeriksa dan memperbaiki atau mengganti laptop Anda. Anda juga dapat menggunakan cara ini sebagai cara untuk memperbaiki baterai laptop yang terpasang tidak mau mengisi daya.

Jangan lupa ikuti perkembangan website kami dengan Seperti Situs jejaring sosial FacebookYaDan Lanjutan Indonesia Dan Instagram Trulum ID. Jangan lupa Lanjutan Instagram dan berlangganan Saluran Youtube Penulis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *