Ulasan Realme 8i – Ponsel 120Hz Terjangkau vs Helio G96

  • Share

ponsel realme 8i

Trulum ID Seiring waktu, perkembangan industri semikonduktor memungkinkan lebih banyak orang untuk menikmati fitur mewah yang sebelumnya tidak terjangkau. Termasuk dukungan untuk kecepatan refresh layar 120Hz pada realme 8i baru yang kami ulas kali ini.

Dijual dengan harga kurang dari 3 jutaan, realme 8i mengusung chipset terbaru dari Mediatek yang memungkinkan produsen ponsel meningkatkan refresh rate layar hingga 120Hz dan mendukung performa gaming mumpuni serta kamera hingga 50MP.

Baru saja merilis sejumlah produk di awal November 2021, realme Indonesia kembali menghiasi penghujung tahun ini dengan dua produk lagi, realme 8i dan realme C25Y. Koran populer PULSA Lucky berkesempatan mengulas salah satu produk ini sejak dini.

Dengan semangat realme Direct by Numbers (Seri Angka), selain menawarkan layar refresh rate yang tinggi, realme 8i juga dilengkapi dengan performa tangguh dan kemampuan multitasking untuk aktivitas sehari-hari, serta dukungan baterai berkapasitas besar.

hargaRp 2.499.000 (4/64 GB) dan Rp 2.999.000 (6/128 GB)
pilihan warna: ruang hitam dan ruang ungu
paket penjualan: Realme 8i, Adaptor Pengisi Daya, Kabel Data USB Type-C, Casing Silikon, Buku Pegangan, Pin Ejector

Sesuaikan:

Dimensi dan berat (mm dan gram) 164,1 x 76 x 9,1 mm / 194 g
SIM dan jaringan Dual Nano SIM, 4G LTE / HSPA + / 3G / 2G, Wi-Fi
sistem operasi (OS) realme UI v2.0 berbasis Android 11
Penyimpanan eksternal yang didukung MicroSD (3 slot)
Inci layar – jenis layar 6,6 inci, ~84,6% rasio layar-ke-tubuh, 1080 x 2412 piksel, rasio 20:9 (~400 ppi), IPS LCD, 120 Hz, 600 nits
Prosesor / CPU Mediatek Helio G96 (12 nm); Octa-core (2 x 2,05 GHz Cortex A76 + 6 x 2,0 GHz Cortex A55), GPU: Mali-G75 MC2
RAM dan penyimpanan internal RAM 4GB / ROM 64GB RAM 6GB / ROM 128GB (+5GB default)
Kamera (megapiksel / fitur) belakang / depan tiga belakang:
50MP f / 1.8
2 MP f/2.4 hitam putih
2 Megapiksel f/2.4 Super Makro
Video: 1080p pada 30fps

depan tunggal:
16 MP f/2.1 Video: 1080p @ 30fps

jenis baterai (tipe) Li-Po 5000mAh (tidak dapat dilepas), pengisian cepat 18W

Pemeriksaan Fitur:

baterai yang dapat dilepas Tidak sidik jari Ya
multi-sentuh Ya Kamera depan ganda Tidak
Dengan dua potong Ya memori eksternal Ya
3G HSDPA Ya giroskop Ya
4G LTE Ya Kamera belakang empat Tidak
5G siap Tidak Perekaman video 4K Tidak
NFC Tidak pemutar video Ya
USB saat bepergian Ya pemutar musik Ya
GPS Ya Radio FM Tidak

Plus

Baca Juga:  cerita Ares | Tetap Menyenangkan di Usia 25 (Ulasan)
kelebihan kehilangan
Layar 120Hz, bagus untuk browsing
Chipset G96 Terbaru
Warna cover belakang yang menarik dengan kecemerlangan warna yang unik
kamera yang kuat
Pengisian cepat 18W
Cover belakang mudah kotor karena sidik jari
Warnanya sangat reflektif, sehingga sulit untuk menggambarkan keindahan warna aslinya
Tidak ada NFC

Bahan glossy dan warna multi-layer

Sudah menjadi tradisi, smartphone realme kerap kali memiliki warna cover belakang yang unik dan sarat filosofi. Sesuai dengan namanya, warna hitam dan ungu astronomis yang disajikan mencoba menerjemahkan warna sederhana dari seberkas cahaya yang membagi dua wilayah besar secara vertikal, memberikan efek pantulan yang bersinar ke arah yang berbeda, tergantung dari sudut mana Anda melihatnya. dari.

Jika dijelaskan dengan kata-kata sederhana, pewarnaan yang dipoles, dicerminkan, dan berlapis-lapis mungkin akan menjadi kata-kata yang bisa diwakilinya. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menggambarkan warna unik dari smartphone ini.

Masih di permukaan back cover kita juga bisa menemukan area persegi panjang di sudut kiri atas, yang berisi 4 lingkaran, 3 di antaranya adalah lensa kamera utama dan satu lingkaran sebagai lampu flash.

Selebihnya realme 8i merupakan smartphone yang masih diremehkan dengan menawarkan jack audio 3.5mm, serta colokan USB Type-C dan jaringan untuk headphone. Lalu yang menarik adalah hadirnya tombol power yang menjorok ke dalam bodi.

Seperti yang diharapkan, desain tombol power seperti ini, yang lebih rendah dari bagian tepi smartphone ini, menunjukkan bahwa tombol ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Mengurangi ketebalan smartphone secara sengaja dan memindahkan sensor sidik jari dari cover belakang ke sisi kanan, memberikan lebih banyak ruang bagi desainer realme untuk mewarnai cover belakang realme 8i secara optimal.

Berbicara tentang desain, banyak smartphone realme yang sering ditampilkan di tabloid PULSA. Di setiap serinya, realme selalu menghadirkan desain bodi yang kokoh dan mulus. Terlihat dari bingkai tengah yang cenderung membulat, kemudian direkatkan dengan sangat rapi di antara layar dan penutup belakang.

Layar 120Hz dengan tipe panel IPS

Ada satu fitur gacoan yang ditawarkan realme 8i di layar. Namun sebelum ke sana, seperti biasa, kami akan menjelaskan spesifikasinya terlebih dahulu.

Baca Juga:  Review ASUS Zenfone 8 – Bodi Ramping, Performa Kencang

Layar 6,6 inci yang ditawarkan realme 8i memiliki desain lubang tunggal, sehingga menutupi hampir seluruh permukaan depan smartphone, kecuali lubang kecil sebagai tempat kamera selfie.

Menggunakan panel sentuh IPS LCD yang mengusung standar gamut warna DCI-P3 100%, standar warna sinematik yang paling cocok untuk menonton film favorit Anda. Kecerahannya bisa dikatakan di atas rata-rata, yaitu maksimal 600 nits dan minimal 1 nits.

Dengan kata lain, mampu menghadirkan kenyamanan, dengan kecerahan yang lebih baik dan daya tahan layar yang lebih baik daripada panel lainnya, meskipun kedalaman kontrasnya masih rata-rata.

Menariknya, berkat strategi penggunaan chipset tertentu, smartphone ini mampu menampilkan refresh rate layar yang tinggi, yakni 120Hz pada resolusi tertinggi yang bisa didukung chipset tersebut, yakni Full HD+. Pada kecepatan sampling 180 Hz.

Jika Anda sudah mengikuti perkembangan teknologi layar smartphone, maka tentunya Anda tahu bahwa teknologi refresh rate layar 120Hz ini biasanya terdapat pada smartphone flagship dengan harga mahal. Dan awalnya ia hanya berani mengandalkan layar panel AMOLED.

Namun seiring berjalannya waktu, sejumlah smartphone dengan layar IPS mampu menawarkan refresh rate ini dengan cukup baik. Selama ini bisa ditemukan di smartphone yang bisa dikatakan dibanderol dengan harga kurang dari 3 jutaan. Menggoda tentunya, tapi kami di PULSA sendiri lebih tertarik melihat bagaimana performa chipset baru ini secara keseluruhan, bukan hanya di layar.

Sejauh ini, penggunaan layar 120 Hz belum di-zoom. Misalnya untuk game tidak banyak yang mendukung, bahkan dengan 60 frame per second masih sulit untuk kita capai, karena akan terkait dengan kemampuan hardware smartphone dan rekomendasi dari aplikasi game.

Namun untuk kemudahan browsing aplikasi, foto, media sosial dan berselancar di internet menggunakan browser yang didukung akan membawa kenyamanan bagi mata penggunanya.

realme UI 2.0.0 Memperbarui

realme UI 2.0 memberikan pengalaman sempurna dengan tampilan menu, serta aplikasi bawaan yang kuat. Secara default, ini menyediakan opsi terpisah untuk layar beranda dan baki aplikasi. Ini menawarkan ikon khusus yang dapat digunakan untuk membuat antarmuka realme unik Anda sendiri. menurut kepribadian.

Aplikasi bawaan seperti SoLoop, Game Space, dan banyak lagi fitur pengoptimalan lainnya akan membuat pengalaman ponsel cerdas Anda lebih lancar dan nyaman.

Baca Juga:  Ulasan Poco F2 Pro, pembunuh andalan dengan harga murah

Slide baru siap diluncurkan

Smartphone realme 8i merupakan produk realme pertama yang menggunakan chipset Mediatek Helio G96 baru. Chipset yang membawa CPU 8-core dan konfigurasinya cenderung sederhana.

CPU 8-inti terdiri dari dua inti tua Dalam bentuk inti A75 pada 2,05 GHz, sisanya adalah 6 inti A55 Kecil Dengan kecepatan clock 2.0GHz. Untuk grafis, ada GPU Mali G57 MC2.

Apa pun peningkatan realme, chipset ini dibuat oleh Mediatek sebagai chipset yang berfokus pada kecepatan jaringan 4G LTE, layar 120Hz, dan kemampuan pemrosesan gambar kamera yang dapat mencapai 108MP.

Namun bukan berarti chipset tersebut mengabaikan kemampuan grafis dan gaming yang optimal. Karena Helio G96 membawa teknologi HyperEngine 2.0 Lite untuk bermain game Yang memastikan kinerja yang stabil dan gameplay yang lebih halus untuk waktu yang lama.

tolong dia mesin jaringan Yang akan memberikan respon cepat dan koneksi yang lebih andal saat Anda membutuhkan internet saat bermain game.

Saat dibenchmark dengan AnTuTu versi 9.2.2, hasilnya bisa mencapai 261.185 dengan nilai yang menarik di bagian GPU. Rata-rata adalah 30.000, hingga 50085. Artinya, chipset ini dapat digunakan untuk bermain game dengan grafis kompleks.

Bagian gameplay akan kami bahas lebih lanjut di artikel lain, yang akan kami unggah dalam beberapa hari ke depan.

Perlu dicatat bahwa smartphone yang dijual di Lazada, Akulaku dan realme membawa RAM 4 GB dan ROM 64 GB (versi review), dan mungkin berbeda dari varian lain dengan RAM ) dengan kapasitas 6 GB dan memori akses acak (ROM) dari 128GB. realme, varian 6GB, dilengkapi dengan RAM virtual atau teknologi ekspansi RAM dinamis.

Baterai berkapasitas besar

Hadirnya fitur-fitur penyerap tenaga berlebih, seperti refresh rate tinggi dan pengaturan ruang permainan dengan performa tertinggi, diharapkan realme dengan mengintegrasikan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dan teknologi hemat daya yang membuatnya mampu bertahan lama. . satu pengiriman.

Dalam kondisi standby alias tidak terpakai, realme 8i ini bisa bertahan hingga 28 hari. Sedangkan untuk mendengarkan musik secara terus menerus bisa bertahan hingga 40 jam. Anda dapat menggunakannya sebagai pemutar musik di kedai kopi atau di ruang belajar Anda, tanpa takut kehabisan baterai di tengah jalan.

Teknologi fast charging yang diusung hanya mendukung hingga 18W (9V, 2A). Sangat cepat, karena masih bisa mengisi daya hingga 50% dalam 36 menit.

3 kamera utama 50 megapiksel

Sudah dijelaskan sebelumnya, dari sisi chipset, ISP yang sudah diusung ini siap mendukung hingga 108 megapiksel. Namun realme mengusung sensor kamera utama 50MP. Mengingat harga yang ditawarkan, memori yang ditawarkan, dan tren pengguna, hal ini sangat bisa dimaklumi.

Ada tiga lensa di bagian belakang, yaitu 50MP dengan f/1.8, 2MP makro f/2.4, dan 2MP hitam putih f/2.4. Ketiganya dapat digunakan untuk menghasilkan gambar yang menarik dan detail dengan efek bokeh yang halus.

Anda dapat melihat hasilnya pada gambar berikut. Klik untuk pergi ke ukuran sebenarnya dan melihat EXIF ​​​​dari file gambar.

IMG20211123164305

IMG20211123165239

IMG20211123165703

IMG20211123170715

IMG20211123164255

Untuk kebutuhan selfie, terdapat kamera depan 16MP dengan fitur pendukung yakni AI beauty, HDR, panorama view, dan Timelapse.

Omong-omong, Timelapse, baik kamera depan maupun belakang dapat digunakan untuk merekam video dalam kualitas FHD 1080p pada 30 frame per detik.

kesimpulan

Smartphone realme 8i adalah produk terjangkau yang menawarkan penyegaran layar 120Hz, yang mungkin merupakan yang termurah saat ini. Jika Anda tertarik dengan kemampuan refresh rate layar, namun memiliki dana terbatas yaitu 2-3 jutaan, maka smartphone ini akan menjadi pilihan yang paling cocok.

Sebagai bonus, Anda mendapatkan desain yang bagus, kualitas build, kamera yang mumpuni, dan performa gaming yang luar biasa. Setidaknya bisa bersaing dengan produk sejenis yang dijual dengan harga lebih tinggi dari smartphone ini.

Oh ya, Anda dapat memesan perangkat ini melalui realme.coNSDan Lazada saya juga.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *