Tinjau Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

  • Share

Baik itu perangkat laptop dan desktop, atau bahkan perangkat game console next generation seperti PS5, XBOX Series X Anda akan menemukan bagian SSD M.2 di dalamnya. Saat ini SSD memang sudah menjadi perangkat penyimpanan standar.

Bentuk M.2 yang kecil sudah dapat menghadirkan kapasitas data dari hard drive standar. Kecepatannya bahkan lebih cepat dari SSD SATA, semuanya tertuang dalam ukuran RAM yang sudah kita kenal sebelumnya.

SSD M.2 sudah banyak digunakan untuk pengguna PC maupun laptop, hadir sebagai media penyimpanan premium menjadi rekomendasi yang perlu dipertimbangkan. Terutama ketika Anda seorang gamer dan membutuhkan kecepatan tinggi untuk mengakses hard drive.

Pertimbangan meminang SSD NVMe M.2 dengan waktu baca dan menulis pada hard drive yang jauh melampaui SSD SATA maupun Hard Disk konvensional, menjadi sesuatu yang didambakan banyak pengguna dan pencinta teknologi terupdate.

Bila Anda memiliki rencana untuk mengupgrade, Verbatim Vi3000 M.2 SSD (512GB) akan layak untuk Anda pinang sebagai SSD PC atau SSD laptop terbaik. Dari sisi harga lebih murah daripada produk lain yang sesuai dengan kelasnya.

Kata demi kata

Verbatim telah hadir di tengah-tengah kita lebih dari 50 tahun, produk-produk Verbatim sifatnya condong ke arah teknologi penyimpanan data, sparepart komputer, dan aksesorisnya. Verba selalu mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Bahkan masih ada orang yang fanatik dengan produk-produk Verbatim yang terkenal dengan merk floppy disk, CD, hingga DVD, dengan reputasi Verbatim yang demokian populer dan sangat terkenal pada awal awal adanya komputer. Hingga sekarang Verbatim tetap menjadi merek yang patut dimiliki oleh para pencinta teknologi.

Ketika Anda yakin akan membeli media penyimpanan yang termutakhir ini, pastikan laptop atau PC Anda mendukung dan kompatibel dengan jenis SSD NVMe M.2. Rata-rata hardware yang sudah mendukung adalah keluaran tahun 2021 ke atas.

Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Verbatim dengan seri Vi3000 M.2 SSD ini memiliki panjang 80 mm, lebar 22 mm, dan tebal 2,15 mm. Untuk beratnya hanya 8 gram saja. Para pecinta teknologi sering menyebut M.2 SSD ini form factornya adalah 2280, mewakili dimensinya saja sebenarnya yang memiliki lebar 22mm dan panjang 80mm, disingkat 2280.

Pada produk penjualannya, Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB dibalut dengan kotak dos yang minimalis. Heatsink untuk SSD di jual secara terpisah. Kalau Anda bukan gamer hardcore, penggunaan heatsink tidak perlu lah ya. Produk Verbatim ini akan menjadi SSD PC Terbaik Anda.

Teknologi Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Dari segi teknologi, Verbatim menyematkan teknologi 3D NAND yang dikombinasi dengan generasi generasi terbaru. Menurut product knowledge-nya kecepatan bacanya sampai 3.000 MB/s dan kecepatan penulisannya sampai 2.900 MB/s. Perlu diketahui kecepatan baca-tulis ini 50 kali lipat kecepatan baca-tulis dari hard drive biasa.

Verbatim Vi3000 dirancang dengan fitur run-of-the-mill, yaitu sebuah fitur dengan operasi senyap dan tahan guncangan, konsumsi daya yang rendah, masa pakai yang lama. Kapasitas SSD Verbatim Vi3000 yang tersedia adalah ukuran 256GB, 512GB, dan 1TB.

SSD dengan kapasitas 512GB dan 1TB sangat layak untuk Anda pinang sebagai langkah upgrade SSD laptop atau SSD PC Anda sebagai media penyimpanan data atau menjadi drive khusus sebagai media sistem operasi.

Pengguna Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Pasar untuk Verbatim Vi3000 M.2 SSD NVMe ini ditujukan pada pengguna yang ingin meningkatkan teknikal dari hard drive mereka tanpa mengeluarkan biaya atau anggaran yang tinggi.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang ingin mencoba kehandalan teknologi SSD NVMe M.2 ini, ketika Anda merencanakan upgrade untuk laptop SSD atau upgrade SSD PC, Verbatim adalah pilihan yang pas.

Instalasi Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Anda pernah memasang kartu memori atau RAM pada sebuah perangkat? Nah, memasang Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB ini juga seperti itu, sama mudahnya. Anda cukup masukkan ke slot M.2, lalu kunci agar tak terlepas. Karena sifatnya plug n play, sistem BIOS Anda akan langsung mengenalinya tanpa pengenalan khusus dari seorang driver.

Tinjau Tes Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB

Ketika saya mencoba menguji SSD M.2 Verbatim Vi3000 ini saya menggunakan perangkat lunak khusus dengan nama CrystalDiskMark. Pada status yang terlihat di capture, menunjukkan bahwa perbandingan yang cukup signifikan antara SSD M.2 512GB keluaran Verbatim dengan hard disk versi cakram 1TB.

Kecepatan baca-tulis yang saya dapatkan memang tidak setinggi apa yang ditampilkan pada produk, namun hal ini sudah sangat baik sekali jika tetap menggunakan hard drive versi cakram atau disk.

Anda tahu Thanos? Boot awal menggunakan sistem operasi Windows yang bisa diandai-andaikan secepat Thanos menjetikkan jarinya. Secara real time yang lebih spesifik lagi agar Anda mengerti, menggunakan kurang dari 15 detik boot awal OS Windows akan Anda rasakan dengan menggunakan SSD Verbatim Vi3000 M.2 NVMe.

Bila menggunakan cakram hard drive, booting real time awal menggunakan OS Windows akan lebih dari 25 detik. Namun hal ini tetap tergantung dari spesifikasi secara keseluruhan dari perangkat keras yang Anda miliki.

Dari semua uji coba yang sudah pernah diuji oleh media-media maupun situs web khusus pecinta teknologi, perangkat keras apapun akan menunjuk SSD sebagai spesifikasinya jika menggunakan hard drive. versi ca

Tes lainnya yang saya lakukan adalah mencoba bermain PUBG. Saat memuat awal hanya membutuhkan waktu 7 detik saja pada Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB, sedangkan pada HDD 1TB membutuhkan waktu lebih dari 30 detik. Signifikan bukan?

Konklusi

Meminang Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB sangat cocok untuk memberikan kinerja yang layak dan nyata. Dapat Anda gunakan untuk perangkat keras dalam bermain game atau bisa juga Anda gunakan sebagai pekerjaan kantor sehari-hari.

Verbatim Vi3000 M.2 SSD 512GB terbukti mengungguli HDD konvensional di semua faktor. Vi3000 juga secara budget lebih murah sehingga bisa Anda anggarkan untuk kepentingan kebutuhan pekerjaan Anda.

Baca Juga:  Ulasan Blades of the Shogun – Windows Kaltara
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *