Review realme GT Master Edition: Flagship 5G Nan Terjangkau

  • Share

realme gt master

Trulum ID – Sebelumnya, kami telah mereview produk realme GT dengan Snapdragon 888 (link). Belum ada informasi apakah produk ini bakal hadir di Indonesia atau tidak, eh realme Indonesia sudah memperkenalkan produk realme GT Master Edition, yang notabene merupakan produk GT versi terjangkau yang tetap menawarkan performa kencang dan desain yang menawan.

Masih sama dengan realme GT – si flagship yang segar dan dingin, edisi Master kali ini masih merupakan ponsel yang siap berjalan di jaringan 5G dengan desain yang tak kalah menarik. Tapi ponsel ini ditujukan untuk kelas yang lebih luas, pasalnya GT Master Edition menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G. Merupakan chipset 5G terbaru dari Qualcomm yang pertama kali diaplikasikan ke ponsel realme GT Master Edition ini.

“Penasaran” mungkin kata yang sering kami tulis di review ponsel ya, tapi beneran deh, kali ini kami benar-benar penasaran bagaimana kinerja chipset anyar ini ketika dipadukan dengan realme UI 2.0 yang terkenal ringan dan penuh dengan fitur.

Apakah realme memaksimalkan semua kemampuan chipset ini? Tidak hanya di performa dengan hadirnya GT Mode, kita juga akan melihat bagaimana pembuangan panas ponsel ini, RAM Expansion, kualitas sinyal dan juga efisiensi daya terhadap pemakaian kita yang terbilang cukup singkat untuk sebuah review. Here we go!

Harga: Rp 5.299.000,- (Rp 4.999.000,- flash sale price 8/256 GB | Rp 4.699.000,- 8/128GB late September)
Pilihan Warna: Voyager Grey, Daybreak Blue
Paket Pembelian: Ponsel realme GT Master Edition, Casing silicon dengan desain voyager, charger adapter SuperDart 65W, Kabel Data USB Type C, Buku manual

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram) 159.2 x 73.5 x 8.7 mm / 180 gram
SIM & Jaringan Dual Nano SIM, 5G/4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS) realme UI 2.0 berbasis Android 11
Supported storage eksternal Tidak
Layar inci – Tipe Screen 6.43 inci, 1080 x 2400 pixels (~409 ppi density), Super AMOLED, 120 Hz, 360 Hz touch sampling rate
Prosesor/ CPU Qualcomm Snapdragon 778G 5G (6 nm) (Octacore: 1×2.4 GHz Kryo 670 Prime, 3×2.2 GHz Kryo 67- Gold, 4×1.8 GHz Kryo 670 Silver), GPU Adreno 642L
RAM & Internal Storage 8 GB RAM / 256 GB ROM UFS
Kamera (MP/fitur) belakang/depan Belakang Triple: 64 MP, f/1.8, 25mm (wide), PDAF; 8 MP f/2.3, Ultra-wide; 2 MP Macro camera, f/2.4 Video:  4K@30fps, 1080p@30/60fps  

Depan Single: 32 MP, f/2.5 (wide), 1080p@30fps Sony IMX615

Baterai jenis (jenis) 4300 mAh, 65W SuperDart Charging

FITUR Check List:

Removable battery Tidak GPS Ya
Multitouch Ya Fingerprint Ya
Dual SIM Ya Dual Kamera Depan Tidak
3G HSDPA Ya Memory external Tidak
4G LTE Ya Gyroscope Ya
5G Ya Quad Kamera Belakang Tidak
NFC Ya 4K video recording Ya
Infrared Tidak Video player Ya
USB On-the-go Ya Music player Ya
Kelebihan Kekurangan
-Layar Super AMOLED 120Hz
-NFC
-Desain stylish, tipis dan nyaman digenggam
-Baterai besar 4300 mAh Dual Cell
-65W SuperDart Charge
-Kamera mumpuni dengan mode street.
-Quick Launch camera.
-5G readyChipset anyar kelas Mid-High untuk gaming dan multimedia
-Tidak ada slot memory eksternal
-Tidak ada speaker stereo
-Tidak ada tombol khusus untuk game

Bodi Tipis Rancangan Desainer Ternama

Kebetulan Trulum ID mendapatkan realme GT Master Edition dengan kelir spesial, yakni Voyager Grey. Tak kalah menarik dengan realme GT versi kulit vegan berwarna kuning (Racing Yellow), GT Master dengan warna Voyager Grey ini pun kembali menggunakan bahan yang sama dengan pendekatan yang berbeda.

Baca Juga:  Ulasan Oppo Reno 4, harga rata-rata, dan fitur khas

Bagian back cover ponsel ini didesain oleh Naoto Fukasawa (naotofukasawa.com) seorang desainer industrial asal Jepang dengan segudang prestasi. Menerapkan garis-garis horisontal buah inspirasi dari desain bagian luar sebuah koper, kemudian mewarnainya dengan warna yang akan membuat orang nyaman dan tenang.

Dua hal yang identik dengan kata VOYAGER serta keinginan untuk senantiasa bepergian dan menjelajah sudut-sudut dunia yang baru untuk mendapatkan pengalaman dan ketenangan batin. Menjauhkan diri dari kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan. Kurang lebih demikian.

Bagi Anda pengguna realme Tanah Air, dan belum sempat merasakan bagaimana rasanya menyentuh realme GT varian racing yellow, well Anda tidak akan kehilangan banyak hal, karena pengalaman yang sama akan dirasakan saat menyentuh realme GT Master Edition varian Voyager Grey ini.

Tampilan bak ponsel mahal, dengan bobot yang ringan serta tekstur back cover yang lumayan kesat karena terbuat dari bahan kulit vegan, akan pas dan nyaman untuk ukuran tangan sebesar apapun. Terlihat gaya, baik ketika digunakan oleh pria maupun wanita.

Bagian depan dan belakang dihubungkan dengan desain tulang ponsel yang membuat sudut yang apik. Dengannya ponsel ini tidak akan membuat sakit tangan kita saat digunakan berlama-lama. Mengingat bahwa ponsel ini bisa dibilang tipis, maka desain tepian ponsel ini patut diapresiasi juga. Terutama untuk bermain game, menonton atau membaca file dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sementara bagian muka ponsel didominasi oleh layar, yang memiliki desain punch hole untuk memberikan ruang bagi kamera depan. Dengan demikian layar bakal terasa lega, dimana semua sudut bisa terisi oleh tampilan ponsel, baik itu game maupun tontonan  favorit. Di beberapa kondisi bahkan kita tidak akan melihat lubang kamera depan sama sekali.

Sayangnya, output audio di ponsel ini tidak stereo. Dengan kata lain, audio yang muncul dari game dan tontonan kita akan keluar dari satu titik loud speaker yang berada di bagian bawah ponsel. Saat ponsel digunakan dalam posisi landscape, maka kerap lubang speaker tertutup oleh salah satu tangan kita dan mempengaruhi kualitas audio yang sampai ke telinga pengguna. Bagian earpiece yang biasanya digunakan sebagai keluaran audio tambahan tidak dimaksimalkan di ponsel ini.

Tapi, ada solusinya. Ponsel realme GT Master Edition masih menyediakan lubang jack audio 3.5 mm. Artinya kita bisa bermain game atau menonton menggunakan headset favorit yang Anda miliki. Meningkatkan imersi saat bermain game atau menonton tayangan film kesukaan. Letaknya pun menguntungkan karena berada di tepi berseberangan dengan lubang speaker, jadi relatif tidak mengganggu pergerakan saat bermain game.

Sebagai alternatif, ada juga teknologi Bluetooth 5.2 Low Energy yang menawarkan latensi rendah, terutama jika Anda menggunakan earphone Bluetooth besutan realme yang menawarkan fitur tersebut.

Layar AMOLED 120Hz dengan Warna Gamut yang Lebar

Salah satu faktor menjanjikan yang hadir di realme GT Master Edition adalah layar yang mumpuni. Jika Anda sering berkesempatan mencoba ponsel dengan layar yang menawarkan refresh rate tinggi, mungkin di toko ponsel saat mencoba produk demo, Anda akan lebih mengapresiasi layar ponsel ini.

Baca Juga:  Seberapa bagus kemampuan pencitraan Galaxy A72? - Trulum ID

Memiliki ukuran 6,43 inci, layar ponsel ini menampilkan resolusi 1080 x 2400 pixel alias FHD+. Dengan kerapatan hingga 409 ppi dan rasio layar terhadap penampang ponsel sekitar 91,7 %.

Layar realme GT Master Edition menggunakan panel AMOLED. Menawarkan rasio kontras yang tinggi, khas layar AMOLED dengan pewarnaan yang juga mencolok. Layar jenis ini memiliki sejumlah kelebihan baik di sisi tampilan maupun fitur-fitur yang dapat dimaksimalkan.

Salah satunya adalah refresh rate yang tinggi serta touch sampling yang mencapai 360Hz. Ini termasuk pelengkap untuk sebuah layar AMOLED, khususnya bagi mereka yang menggunakan ponsel ini untuk bermain game kompetitif secara berlama-lama.

Fitur lainnya adalah in display fingerprint sensor. Dimana sensor sidik jari diletakkan di bawah permukaan layar AMOLED. Sehingga mengurangi bagian-bagian yang tidak perlu pada desain dan ukuran bisa dimampatkan dengan lebih baik.

Layaknya layar ponsel flagship. Layar GT ME juga membawa color gamut 100% DCI-P3 yang merupakan luas kisaran warna yang cucok untuk menampilkan warna-warna yang ingin disampaikan oleh seorang creator melalui video-video atau film garapan mereka.

realme UI 2.0 Kaya Fitur Optimalisasi

Harus diakui UI milik realme yang tentu saja mirip dengan UI produk sebelah menawarkan tampilan dan pengalaman yang hampir serupa. Meskipun masih menyesalkan kenapa harus tetap mempertahankan app tray yang terpisah dari home screen, performa UI dan juga fitur yang dibawa akan menyelamatkan kita di berbagai kondisi penting.

Bahkan tercatat realme UI yang berbasis Android 11 ini juga menjadi faktor realme untuk memanfaatkan hampir semua teknologi yang ditawarkan oleh chipset. Semisal mengaktifkan dual 5G, yang mungkin akan berguna saat jaringan 5G sudah dikomersialisasi kelak. Hingga fitur Smart 5G yang akan secara pintar mengubah jaringan yang dipakai, guna melakukan efisiensi daya.

Belum lagi sejumlah fitur yang sudah kita kenal, semisal Game Space, lengkap dengan touch optimization-nya, juga SoLoop untuk mengedit video langsung di ponsel, hadir juga di ponsel ini secara pre-instal. Dan masih banyak fitur lain yang berfungsi untuk mengoptimasi performa, menghapus file yang tidak perlu, mengamankan pembayaran online, hingga ke pengaturan efisiensi baterai.

Semua sensor diaktifkan di ponsel ini, termasuk Gyroscope untuk meningkatkan pengalaman ngegame yang lebih imersif, juga NFC untuk kemudahan koneksi dan pembayaran tanpa cash.

realme UI 2.0 juga telah mendukung RAM Expansion, dimana kita bisa “meminjam” sejumlah memori dari ROM untuk dijadikan RAM tambahan sementara. Menjadi solusi ketika kita tiba-tiba membutuhkan RAM untuk banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan dalam satu waktu

Chipset 5G Anyar untuk Ponsel Gaming dan Multimedia

realme GT Master Edition membawa chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 778G 5G. Ini merupakan chipset anyar yang mendukung jaringan 5G yang tetap menawarkan performa gaming dan multimedia, AI yang lebih baik dan pengalaman menangkap momen dengan teknologi imaging yang makin premium.

Dengan fabrikasi 6nm, maka semakin banyak fitur yang dapat disematkan ke dalam chipset ini. Selain CPU dengan 8 inti dengan arsitektur 3 klaster: yakni 1 x 2.4 GHz Kryo 670 Prime, 3 x 2.2 GHz Kryo 670 Gold dan 4 x 1.9 GHz Kryo 670 Silver, juga terdapat GPU Adreno 642L, Hexagon 770 AI Engine, triple 14 bit ISP Spectra 570L dan sebagainya.

Baca Juga:  Review ASUS Zenfone 8 – Bodi Ramping, Performa Kencang

Secara teori demikian, tapi dalam pengaplikasiannya, terbukti realme GT Master Edition telah mendukung mode 90 frame pada game AOV versi Cina, atau Honor of Kings.

Dari hasil benchmark sintetis menggunakan Geekbench 5 dan 3Dmark di uji slingshot extreme dan wildlife, bisa disimpulkan bahwa ponsel ini sudah cukup mumpuni untuk fungsi multitasking, atau bermain game berat semisal Genshin Impact dan PUBG Mobile, bahkan mudah untuk mencapai framerate 60 fps.

Ponsel ini juga memiliki GT Mode. Yang akan mengubah sejumlah parameter dalam Game Space untuk diatur secara otomatis ke performa maksimum. Alias performance mode. Dengan mengaktifkan GT Mode, CPU akan dimaksimalkan, refresh rate layar akan diset menjadi 120Hz, kualitas gambar Ultra-Reality akan diaktifkan, Efek visual Ultra-HD juga aktif, Game Quick Launch juga aktif, serta vibrasi 4D pada ponsel juga akan aktif.

Itu bisa dilakukan hanya dengan menekan satu tombol. Anda tidak perlu lagi masuk ke masing-masing setingan. Hemat waktu, juga memudahkan karena dengan menonaktifkan mode GT, semua akan kembali normal. Hemat daya juga kan?

Ponsel yang kami review memiliki RAM 8GB dan ruang ROM sebesar 256 GB. Sudah mendukung banget untuk kebutuhan berponsel sehari-hari, juga ngegame yang nyaman. Nah, bakal tambah nyaman lagi nih, karena realme GT Master Edition juga melakukan pembuangan panas yang efektif.

Ponsel ini memiliki sitem pendingin Vapor Chamber. Skema ini memiliki luas 1729.8 mm persegi. Lebih efisien membuang panas yang dihasilkan hardware daleman ponsel ketimbang pipa pembuang panas konvensional. Sistem ini terbuat dari lapis grafit, tembaga, paduan aluminium, silika gel dan lain-lain.

Baterai 4300 mAh dengan 65W SuperDart Charge

Untuk mendukung segala aktivitas kita, ponsel ini diperkuat dengan baterai berkapasitas besar 4300 mAh, lengkap dengan pengisian daya super cepat ala realme yakni 65W SuperDart Charge. Teknologi pengecasan daya cepat ini sudah teruji dan terbukti aman menggunakan sejumlah chip pengaman.

Teknologi ini mampu mengisi daya tahan baterai dari nol ke 100 persen hanya dalam waktu 33 menit saja.

Kamera Didesain untuk Street Photography

realme GT Master Edition membawa tiga kamera utama di belakang dan satu kamera selfie di depan. Seperti biasa, meskipun dalam prakteknya ISP pada chipset akan menggabungkan tiga lensa kamera utama ini ke dalam satu fungsi pemotretan yang berkesinambungan, kita tetap akan membahas konfigurasinya terlebih dahulu.

Ada lensa 64 MP dengan aperture cukup besar yakni f/1.8 sebagai lensa utama, ditemani dengan kamera ultrawide 8MP f/2.2 dan kamera makro 2 MP dengan f/2.4. Ketiganya menghasilkan foto yang detil dengan akurasi warna tinggi. Anda bisa melihat dari beberapa contoh foto yang kami resize berikut ini.

Kamera ponsel ini membawa tema street photography dalam pengembangannya. Dimulai dari filsafat “mudah dan cepat”, yakni mudah digunakan dan cepat diaktifkan menuju mode kamera tanpa harus mencari-cari fungsi yang tepat.

Mudah digunakan tentu saja karena memiliki mode auto fokus dan quick zoom, lalu cepat karena ponsel ini memiliki mode quick launch dimana kita menekan tombol volume bawah dua kali untuk mengaktifkan kamera.

Tidak berhenti sampai di situ, kamera ini juga dilengkapi sejumlah fitur tambahan berupa filter khusus untuk pemotretan jalanan, alias filter street. Merupakan hasil simulasi realme terhadap efek film KODAK yang menghasilkan efek kontras warna yang kuat.

Lalu ada Filter B&W Plus yang telah disesuaikan, dan juga filter preset drama, yang akan menghasilkan foto dramatis.

Beralih ke kamera selfie, ponsel ini membawa satu kamera dengan lensa 32MP Sony IMX 615. Kamera ini memiliki aperture f/2.5 dengan sudut pandang yang cukup lebar. Memudahkan pengguna untuk memotret dirinya dan lingkungan di sekitar dengan lebih baik lagi.

Kamera ponsel ini bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi 4K untuk kamera belakang, dan 1080p untuk kamera depan. Dilengkapi dengan fitur anti goncangan atau ultra steady, siapapun bisa mengabadikan momen dengan cepat dan tepat. Bahkan langsung diedit di ponsel menggunakan SoLoop untuk menciptakan konten bermutu tanpa ribet.

Kesimpulan

Perpaduan software realme UI 2.0 dan pemanfaatan secara maksimal hardware yang dibawa menghasilkan sebuah pengalaman berponsel di atas rata-rata ponsel di kelasnya. Sementara desain tipis yang apik dan tampilan back cover ciamik tidak hanya sebatas kosmetik. Tetap penuh dengan filosofi, mempengaruhi kenyamanan, juga menambah value ponsel GT terbaru dari realme.

Tak heran realme mengklaim realme GT Master Edition sebagai 5G flagship killer. Kenyatannya memang selain prosesor yang powerful dan terbaru, ketersediaan GT Mode dan preset street photography serta fitur NFC yang bakal disukai oleh pasar Indonesia.

realme juga tawarkan harga exclusive untuk realme GT Master Edition di JD.ID dan realme.com melalui program early bird sale hari ini jam 6 sore dan flash sale pada 22 Agustus di platform yang sama.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *