Review Razer Kraken V3 HyperSense – Gameplay Semakin Mendalam

  • Share

Razer Kraken V3 HyperSense

Memiliki perangkat audio yang baik adalah salah satu hal yang penting dalam bermain game di komputer atau laptop. Tidak ada gunanya grafisnya bagus tapi suaranya menggelegar. Headphone Razer Kraken V3 HyperSense yang saya uji baru-baru ini memenuhi kebutuhan tersebut.

Kraken V3 HyperSense menghadirkan kualitas Trulum ID yang sangat memuaskan dan juga menggunakan teknologi sentuh dan THX Spatial Audio untuk memberikan efek audio yang lebih imersif.

Seperti halnya konsol game, Kraken V3 HyperSense menawarkan headphone dengan lampu Razer Chroma RGB dimana warna lampunya bisa diatur sesuai keinginan.

Ulasan Razer Kraken V3 HyperSense

  • Trulum ID saya – 9/10
  • Fitur – 9/10
  • desain – 9/10

9/10

Ringkasan

Razer Kraken V3 HyperSense merupakan headset yang sangat memuaskan saat digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik dan terutama bermain game. Fitur haptic dan THX Spatial Audio yang disediakan membuat pengalaman bermain game lebih imersif.

Positif

  • Kualitas Trulum ID yang memuaskan
  • Ada fitur haptic dan THX Spatial Audio
  • Rekaman Trulum ID yang fantastis

kontra

  • Menggunakan kabel USB-A untuk menghubungkan
  • Ada kesalahan di aplikasi Razer Synapse

Razer Kraken V3 HyperSense

Kraken V3 HyperSense adalah headphone yang mengusung model over-the-ear atau over-ear. Ukurannya juga cukup besar sehingga bisa sedikit tidak nyaman untuk dipegang.

Ikat kepala fleksibel dan jarak antara ikat kepala dan cup telinga dapat disesuaikan agar sesuai dengan ukuran masing-masing kepala. Pada bagian atas headband juga terdapat bantalan agar tidak terasa keras pada tengkorak saat menggunakannya.

Bantalan pada bantalan telinga terasa nyaman di telinga dan membantu mengisolasi Trulum ID eksternal berkat bentuk telinga yang menyeluruh. Saya sendiri merasa nyaman menggunakan headphone ini dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Mana yang lebih baik, Samsung A72 atau S20 FE yang hampir setara dengan ponsel flagship

Meskipun Kraken V3 HyperSense tidak memiliki peredam bising aktif, insulasi suaranya sangat baik. Trulum ID yang dihasilkan oleh headphone ini masih dapat terdengar dengan jelas saat saya mengoperasikan speaker lain di dekat saya.

Pada bagian luar earcup terdapat logo Razer yang dapat menyala. Output cahaya dapat disesuaikan sesuai keinginan melalui aplikasi Razer Synapse. Razer menyediakan pengaturan cepat serta pengaturan yang lebih detail melalui Chroma Studio.

Razer Kraken V3 HyperSense

Kraken V3 HyperSense memiliki Razer HyperClear Cardioid Mic yang dapat dilepas saat Anda tidak ingin menggunakannya. Fitur yang dapat dilepas ini sangat berguna karena saya jarang menggunakan mikrofon dan ingin headphone ini terlihat lebih sederhana.

Kraken V3 HyperSense menggunakan kabel USB-A untuk terhubung ke perangkat yang terhubung. Hal ini secara otomatis mempersulit penggunaan headphone pada perangkat yang tidak memiliki port USB-A seperti ponsel generasi baru atau laptop yang telah melepas port USB-A.

Ada beberapa tombol fisik yang terdapat pada Kraken V3 HyperSense. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur pengaturan headphone seperti mengatur kekuatan getaran headphone, volume, dan mikrofon.

Razer Kraken V3 HyperSense

Secara pribadi, saya seorang gamer, dan saya bukan penggemar game di perangkat seluler tetapi di komputer desktop. Dan saat bermain game, perangkat keras yang digunakan seperti komputer, monitor, dan speaker semuanya harus bagus agar bermain game terasa menyenangkan dan tidak ada halangan.

Nah, Kraken V3 HyperSense ini sangat memuaskan sekali saat saya menggunakannya untuk bermain game seperti campaign epik di StarCraft 2 Legacy of The Void yang memacu adrenalin, mengejar zombie di State of Decay 2 di malam hari, atau bertarung melawan Reaper di Mass Effect.3.

Kualitas Trulum ID yang dihasilkan terdengar bagus dari segi vokal, detail, bass, dan treble. Yang lebih kompleks adalah teknologi THX Spatial Audio untuk membuat Trulum ID seolah-olah kita berada di dalam game.

Baca Juga:  Pilihan jatuh pada smartphone Xiaomi dengan beberapa alasan -

Teknologi benar-benar merasakan dampaknya ketika saya memainkan State of Decay 2, zombie di belakang karakter game terdengar seperti di belakang saya dan membuat saya merespons lebih cepat. Begitu juga saat ada bidikan di kejauhan terlihat realistis.

Razer Kraken V3 HyperSense

Untuk membuat Trulum ID lebih menarik, terdapat teknologi haptic yang akan menciptakan efek getar pada setiap ear cup headphone pada momen-momen tertentu, terutama yang memiliki bass tinggi, seperti saat ada ledakan di dalam game.

Fitur taktil ini dapat disesuaikan dengan intensitas getaran, apakah disetel ke intensitas yang lebih rendah atau lebih tinggi. Jika Anda tidak menginginkan fitur ini, Anda dapat mematikannya baik melalui tombol di headphone atau melalui aplikasi Razer Synapse.

Selain memuaskan saat digunakan untuk bermain game, output audio dari Kraken V3 HyperSense juga bagus saat digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik.

Namun, mode THX Spatial Audio tidak selalu memberikan efek yang baik pada Trulum ID film dan musik. Misalnya, dalam prekuel film Disney+ Hotstar Shang-Chi yang baru dirilis, kualitas suaranya lebih buruk saat THX Spatial Audio diaktifkan.

Untungnya, fitur THX Spatial Audio ini dapat dikonfigurasi lebih dalam melalui aplikasi Razer Synapse, baik itu dimatikan, diatur secara otomatis untuk aplikasi yang digunakan, atau diatur secara manual untuk aplikasi tertentu.

Razer Kraken V3 HyperSense

Sedangkan untuk microphone, Kraken V3 HyperSense dapat merekam audio dengan baik dan jelas. Razer juga menyediakan beberapa fitur untuk memproses rekaman audio seperti volume leveling, audio scanning, dan ambient sound muting.

Di balik pengembangan Kraken V3 HyperSense, beberapa kali saya menemukan bahwa kontrol volume Kraken V3 HyperSense melalui Windows tidak berfungsi setelah saya mengubah output speaker di laptop saya. Saya dapat mengatasi ini dengan me-restart laptop atau saya juga dapat menggunakan tombol volume fisik pada headphone.

Baca Juga:  Hadirkan Chipset Baru, Performa Hebat

Hal aneh lainnya yang saya temukan adalah speaker laptop terdengar seperti speaker rusak saat aplikasi Razer Synapse diinstal. Ketika saya mencopot pemasangan speaker, suaranya kembali normal.

Razer Kraken V3 HyperSense

Secara keseluruhan, Razer Kraken V3 HyperSense adalah headset yang sangat memuaskan dalam hal menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game pada khususnya. Fitur haptic dan THX Spatial Audio yang disediakan membuat pengalaman bermain game lebih imersif.

Sayangnya, headphone ini menggunakan konektor USB-A standar, sehingga hanya cocok digunakan di komputer atau laptop. Dan aplikasi Razer Synape dari headphone ini masih memiliki sedikit bug yang mengganggu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *