Harga murah, cocok untuk jualan online

  • Share

oppo a16 online

Trulum ID Tak terasa kita sudah memasuki tahun kedua wabah yang masih memaksa kita untuk membatasi aktivitas, hanya di rumah saja. Saat ini, di luar dugaan, ada alasan baru mengapa ponsel harus diganti. Salah satunya adalah hobi baru berbisnis atau berjualan barang secara online. Dengan harga yang ditawarkan, OPPO A16 menjadi salah satu ponsel yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan online tersebut

Dengan harga yang relatif terjangkau, anggota OPPO A16 A series menawarkan kemampuan pencitraan yang mengesankan untuk ditampilkan di kios online Anda. Selain ColorOS 11.1 yang kuat, itu akan meningkatkan nilai gambar dengan fitur menarik lainnya.

Produk ini dirilis Juli lalu dan kami telah menggunakannya untuk banyak kegiatan termasuk bermain game, menonton film, dan melakukan simulasi penjualan produk melalui kios online.

harga: 1.999.000 rupiah
Pilihan warna: perak luar angkasa, hitam kristal
paket penjualan: Ponsel OPPO A16, casing silikon, adaptor pengisi daya, kabel data USB Type-C, buku manual

Sesuaikan:

Dimensi dan berat (mm dan gram) 163,8 x 75,6 x 8,4 mm / 190 g
SIM dan jaringan Dual Nano SIM, 4G LTE / HSPA + / 3G / 2G
sistem operasi (OS) ColorOS 11.1 didasarkan pada Android 11
Penyimpanan eksternal yang didukung Ya MicroSD hingga 256 GB
Inci layar – jenis layar 6,52 inci, 720 x 1600 piksel (~kepadatan dpi), IPS LCD 60Hz, 480 nits
Prosesor / CPU Mediatek Helio G35 (12nm) (octa-core: 4 x 2,3 GHz Cortex-A53, 4 x 1,8 GHz Cortex-A53), GPU PowerVR GE8320
RAM dan penyimpanan internal RAM 3 GB / ROM 32GB eMMC 5.1
Kamera (megapiksel / fitur) belakang / depan Tiga belakang: 13 MP, f / 2.2 (lebar); 2 MP f/2.4 .kamera makro 2 MP Kedalaman Kamera F / 2.4 Video: 1080p @ 30fps
depan tunggal: 8 megapiksel, f/2.0 (lebar), 1080p@30fps
jenis baterai (tipe) 5000 mAh, pengisian 10W

Fitur Daftar Periksa:

baterai yang dapat dilepas Tidak GPS Ya
multi-sentuh Ya sidik jari Ya
Dengan dua potong Ya Kamera depan ganda Tidak
3G HSDPA Ya memori eksternal Ya
4G LTE Ya giroskop Ya
jaringan 5G Tidak Kamera belakang empat Tidak
NFC Tidak Perekaman video 4K Tidak
Inframerah Tidak pemutar video Ya
USB saat bepergian Ya pemutar musik Ya
kelebihan kehilangan
Layar Perawatan Mata yang cerah.
Baterai berkapasitas besar 5000mAh.
Kamera dengan hasil bagus dalam pencahayaan sempurna.
Relatif tipis dan ringan.
ColorOS 11.1 ringan dan halus.
Masuk ponsel berperforma standar, bisa main game, tapi terbatas.
Tidak membawa pengisi daya yang lebih besar. Meskipun pengisian pada malam hari terbukti aman dengan pengaturan suhu.

Desain modern yang ramping

Baca Juga:  Jika Anda ingin membeli Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G, baca ulasan ini terlebih dahulu –

Harga produk ini menempatkannya di kisaran ponsel entry-level tetapi sedikit dalam kategori yang lebih mewah. Atau dengan kata lain mendekati kelas menengah ke bawah.

Jadi wajar saja jika tampilan ponsel ini tidak jauh berbeda dengan sejumlah ponsel OPPO yang lebih mahal. Desain ramping Meski kita tahu bahwa ponsel ini mengusung baterai berkapasitas besar.

Untuk menguji kecocokan desain ponsel ini, kami sering memasukkan ponsel ke dalam saku belakang celana jeans kami dan melakukan aktivitas seperti biasa. Kami tidak merasa kesulitan untuk bergerak atau duduk dalam waktu lama.

Penafian: Tetap tidak disarankan untuk menyimpan ponsel ini di saku belakang celana untuk menghindari terjatuh atau meninggalkannya di sofa, serta kemungkinan kerusakan.

Sayangnya, bahan cover belakang ponsel ini relatif mudah kotor akibat sidik jari atau tangan yang berkeringat. Jadi, Anda perlu memasang casing silikon bawaan agar tidak sering membersihkan area cover belakang OPPO A16. Pada saat yang sama, hindari goresan yang mungkin terjadi karena penggunaan yang berlebihan.

Meski OPPO A16 memiliki sertifikasi tahan air IPX4, bukan berarti Anda bisa menggunakannya saat berenang. IPX4 berarti Anda tidak perlu khawatir tentang hujan, karena kabut air atau tetesan embun dari cangkir es teh manis Anda tidak akan merusak ponsel Anda.

OPPO A16 memiliki dua pilihan warna. Bagi yang menyukai warna cerah, ada Space Silver, sedangkan Crystal Black akan menjadi warna pilihan bagi yang menyukai warna gelap. Keduanya memberikan efek berkilauan yang sama dengan cahaya yang menarik.

Kamera utama terletak di sudut kiri atas bagian belakang ponsel. Memegang tiga lensa dan lampu kilat LED di area persegi panjang. Sementara itu, sensor sidik jari diletakkan di samping, bersama dengan tombol power. Layaknya ponsel yang menempatkan sensor sidik jari pada posisi yang sama, tombol power lebih rendah dari tulang di bagian samping ponsel.

Karena sensornya adalah sensor fisik tanpa hambatan besar, responsnya juga sangat cepat. Bayangkan jika sensor sidik jari ini dipadukan dengan pengenalan wajah.

Ponsel ini memiliki slot penuh untuk input output. Mereka adalah USB Type-C untuk input data dan daya, dan jack audio 3,5mm untuk digunakan dengan headphone kabel favorit Anda. Keduanya ditempatkan di bagian bawah ponsel.

Baca Juga:  Ulasan Uneed QuickPlug Smart Charger QC 3.0 UCH404

Terakhir, wajah ponsel seperti biasa didominasi oleh layar. Kali ini pada A16, OPPO menggunakan dewdrop display alias desain poni sangat kecil untuk memposisikan lensa kamera depan, tepat di bawah lubang earpiece yang dibuat setipis mungkin.

Layar lebar dengan teknologi Eye Care dan ColorOS 11.1

Menggunakan layar 6,52 inci dengan panel IPS, ponsel ini menawarkan layar dengan resolusi 720 x 1600 piksel atau resolusi HD+ dengan kecerahan khas 480 nits. Jenis layar ini akan menampilkan gambar dan semua antarmuka pengguna dengan baik, tanpa terlihat terlalu gelap atau terlalu terang. Ponsel standar adalah entry-level hingga mid-low, ya. Tidak ada yang perlu dikritik dalam hal ini.

Namun, ketika digunakan untuk bermain game dan menonton, tidak membebani kerja chipset CPU, GPU, atau memori. Yang merupakan cara yang masuk akal untuk mengambil A16.

Karena menggunakan desain dewdrop, ada sebagian kecil layar yang digunakan kamera yang menonjol ke dalam. Itu hanya sedikit dan tidak mengganggu tampilan apakah Anda sedang menonton konten dalam layar penuh atau bermain game.

Dengan layar lebar ini kita bisa memanfaatkan fitur split screen dengan lebih baik, menggunakan sebagian layar untuk berbagai aktivitas, seperti menanggapi pesan pelanggan saat menonton Youtube?

Salah satu fitur OPPO A16 adalah ponsel ini diluncurkan dengan ColorOS versi terbaru, versi 11.1. OS kustom OPPO, yang sebelumnya menduduki peringkat sebagai versi OS kustom berperforma terbaik dari perusahaan benchmark, memiliki sejumlah fitur bawaan yang hebat.

Di sisi layar atau tampilan, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur ColorOS 11.1, yaitu AI Smart Backlighting, Sunlight Screen dan Moonlight Screen. Tiga paket fitur tanda tangan tampilan Eye-Care OPPO yang mengurangi kerusakan mata akibat perubahan cahaya atau kedipan konstan, terutama saat digunakan dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Misalnya, saat membaca dan menonton di ruangan yang remang-remang, pasti akan memberikan efek yang berbeda dengan pencahayaan outdoor di siang hari. Nah dengan fitur ini kita bisa mengatur kecerahan dan warna pada layar untuk bisa menyesuaikan agar mata kita lebih nyaman.

Untuk pengguna awal ColorOS 11.1, Anda mungkin akan langsung merasakan betapa sederhana, mudahnya memahami dan membersihkan antarmukanya. Nantinya, Anda akan bisa lebih menghargai waktu Anda dengan sejumlah fitur menarik seperti AI Startup Optimizer, System Booster, dan daily monitoring.

Ketiga fitur di atas akan meningkatkan kinerja perangkat agar bekerja lebih lama, membukanya dengan cepat dari layar beranda, dan melacak aplikasi yang berjalan di belakang sistem.

Baca Juga:  Review SoundMagic E11D Handsfree Dengan Konektivitas USB Type-C

Lalu ada yang akan meningkatkan efisiensi kerja kita. Misalnya, menerjemahkan gambar menggunakan tiga jari yang dipegang lama dalam teks yang ingin Anda terjemahkan. Fitur flexDrop juga memungkinkan kita untuk membuka aplikasi di layar mengambang kecil.

Bagi mereka yang menggunakan ponsel ini juga untuk bermain game, Anda dapat memanfaatkan Game Space. Hampir semua fitur di ponsel ColorOS 11.1 ada di ruang game ini, terutama untuk notifikasi berbutir. Memudahkan kita untuk membaca pesan masuk saat bermain game, tanpa mengganggu permainan.

Pertahankan kinerja pada suhu yang terkontrol

Menjadi ponsel target entry-level, chipset yang ditawarkan OPPO A16 cukup bertenaga. Apalagi jika melihat jajaran hardware yang dibawa, seperti resolusi layar, kamera dan baterai. Mengusung inti CPU Cortex A53 yang sedikit tua, Mediatek Helio G35 memiliki sejumlah fitur terkait peningkatan performa gaming.

Chipset ini membawa CPU 8-core atau octa-core. Ini terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan clock 2.3GHz dan 4 core Cortex A53 dengan clock 1.8GHz. Muncul dengan GPU PowerVR GE8320 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB.

Jika penyimpanan internal 32GB tidak cukup untuk Anda, A16 masih menawarkan ruang kartu memori ekstra hingga 256GB. Jadi selalu ada ruang kosong yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file gambar barang dagangan, video ulasan produk, atau video drama serial untuk ditonton di waktu luang Anda.

Ponsel ini mengusung baterai besar dengan kapasitas 5000 mAh. Dengan pengisian 10W standar. Tentu saja akan menghasilkan panas yang cukup tinggi, bersama dengan chipset yang juga siap dipacu, sehingga pengontrolan suhu sangat penting.

OPPO A16 memiliki 5 sensor suhu yang ditempatkan secara strategis di beberapa bagian ponsel. Sensor ini kemudian dapat secara akurat merasakan sumber panas, untuk kemudian mengontrol konsumsi daya, seperti saat baterai sedang diisi.

Tiga Kamera yang Andal

Salah satu alasan kami merekomendasikan ponsel ini untuk perdagangan online adalah kamera yang andal. Dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan dengan hasil yang memuaskan, terutama saat digunakan di ruangan dengan pencahayaan ideal, ponsel kamera ini dapat menampilkan detail produk yang Anda inginkan.

Kita mulai dengan kamera utama. Kamera ini terdiri dari tiga lensa, kamera utama 13MP, kamera bokeh (kedalaman) 2MP, dan kamera makro 2MP. Untuk menghasilkan gambar yang paling tepat, Anda mungkin perlu membiasakan diri dengan kamera ponsel ini terlebih dahulu. Dari fungsi masing-masing lensa, hingga tingkat kecerahan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh gambar yang dapat Anda lihat. Baik berupa contoh penjualan produk, maupun gambar pemandangan sehari-hari yang kita temukan di sekitar kita. (Tidak ada penyesuaian warna dan kontras, hanya penyesuaian ukuran atau pengubahan ukuran)

Hasilnya bagus. Untuk ponsel kelas harga ini, dari OPPO, warna yang ditampilkan lebih mendekati aslinya, tanpa ada upaya untuk meningkatkan saturasi. Tetapi bahkan jika Anda menginginkan nada yang berbeda, ada sejumlah filter yang dapat digunakan.

Namun meski ColorOS 11.1, fitur kamera di ponsel ini tidak selengkap produk Reno. Tentu saja, karena memang ditujukan untuk kelas yang berbeda. Dan karena Reno, seperti yang kami jelaskan di review OPPO Reno6 kami kemarin, merupakan produk yang akan menampilkan fitur kamera OPPO terbaru.

kesimpulan

Bagi mereka yang sudah merasakan pentingnya efisiensi dan fungsionalitas di ponsel Android, dan ingin merasakan seberapa baik ColorOS dapat digunakan, OPPO A16 adalah produk yang tepat untuk Anda mulai.

Sebagai bonus, ponsel ini menawarkan performa gaming minimal yang dibutuhkan, serta kamera yang andal. Mereka yang membutuhkan perangkat yang tepat untuk berjualan online, misalnya, akan dapat memanfaatkan OPPO A16 sepenuhnya. Menggunakan kamera sebagai alat untuk mendokumentasikan produk yang kami tawarkan, koneksi WiFi 4G dan dual channel akan menemani Anda setiap saat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *