Posisi tubuh saat berlatih renang gaya bebas

  • Share

KOMPAS.com – Gaya bebas atau juga dikenal sebagai merangkak depan Ini adalah gaya berenang. Saat melakukan renang gaya bebas, hal penting yang harus diperhatikan adalah posisi tubuh.

Berenang merupakan salah satu bentuk olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat berenang antara lain:

  1. Pembentukan otot
  2. Meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru
  3. Latihan pernapasan
  4. Membakar kalori dalam tubuh
  5. menghilangkan stres.

Berenang dapat dilakukan dengan berbagai teknik atau teknik, salah satunya adalah renang gaya bebas.

Diadaptasi dari Unit Pembelajaran tergelincir ke dalam air (2020) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian renang gaya bebas adalah renang yang dilakukan dengan tubuh ditekuk dan gerakan kaki diayunkan dari atas ke bawah secara bergantian.

Lantas, bagaimana posisi tubuh saat melakukan renang gaya bebas?

Dapatkan informasi, inspirasi dan wawasan di sebuah Surel Anda.
Daftar Surel

Ciri-ciri renang gaya bebas adalah penempatan semua anggota badan dalam satu garis lurus dan gerakan lengan di atas permukaan air.

Jadi, posisi tubuh saat berlatih renang gaya bebas sejajar dengan permukaan. Sedangkan posisi dada bisa menghadap ke permukaan air atau menghadap ke bawah.

Gaya bebas adalah teknik renang tercepat.

Teknik dasar renang bebas

Berikut teknik dasar yang harus dikuasai seseorang jika ingin berlatih renang gaya bebas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ilustrasi berenang gratis

Posisi tubuh yang benar dalam renang bebas adalah datar dengan air (mengalir) dari kaki ke kepala.

Teknik meluncur dapat dilatih dengan cara berikut.

  1. Berdiri di tepi kolam dengan satu kaki menghadap ke dinding kolam
  2. Badan ditekuk ke depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan
  3. Tolak kaki yang menempel di dinding kolam sekuat mungkin dan jaga agar tubuh tetap lurus
  4. Jaga agar kaki dan tangan Anda lurus dan sejajar dengan permukaan air sampai Anda berhenti
  5. Cobalah untuk tidak mengambil napas ketika Anda tergelincir
  6. Lakukan ini berulang-ulang sampai Anda mendapatkan kecepatan meluncur ke depan.
Baca Juga:  Mantan Pelatih PSM Makassar Gantikan Tan Cheng Hoe di Timnas Malaysia?

Gerakan kaki yang benar saat berlatih renang gaya bebas adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri menghadap dinding kolam, kedua tangan memegang dinding kolam
  2. Kedua kaki diluruskan ke belakang dengan posisi badan
  3. Kaki secara bergantian digerakkan ke atas dan ke bawah dalam keadaan rileks
  4. Gerakan kaki dimulai dari paha.

Gerakan tangan dalam pelaksanaan renang bebas sangat penting. Cara melatih gerakan tangan sebagai berikut.

  1. Berdiri dengan tubuh ditekuk dan lengan lurus
  2. Tangan kanan ditarik ke bawah sambil meremas air sampai masuk
  3. di bawah tubuh
  4. Ketika tangan masuk ke bawah tubuh, siku ditekuk dan tangan terangkat
  5. Lakukan ini secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Pernapasan sangat penting dalam renang gaya bebas. Teknik pernapasan renang bebas harus dilakukan dengan benar dan benar.

Sedangkan teknik pernapasan renang gaya bebas adalah sebagai berikut.

  1. Tarik napas dengan memiringkan kepala sehingga mulut berada di atas permukaan air. Kemudian, tarik kembali ke dalam air untuk menghembuskan napas.
  2. Penghirupan harus dilakukan hanya dengan memiringkan kepala ke satu arah, yaitu ke kanan atau kiri.
  3. Gerakan pernapasan pada renang bebas terjadi bersamaan dengan gerakan tangan mendayung.

Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan berita terbaru Setiap hari dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

judi slot online ff advance https://fikrirasy.id/ daftar situs slot online slot online slot online