Menjelang akhir program, Bamsima mampu menyediakan air minum untuk jutaan keluarga Indonesia

  • Share

Trulum ID – Setelah 14 tahun berjalan, Pamsimas akhirnya berakhir masa jabatannya. Program yang telah menjalani empat pemerintahan dan dua presiden itu dijadwalkan berakhir pada Desember 2021. Ini sebenarnya merupakan perpanjangan dari jadwal “garis finis” sebelumnya, yakni Desember 2020.

Program ini dimulai dengan 98 provinsi dan delapan kota di Indonesia pada tahun 2008, pada akhir tahap kedua yang berlangsung pada tahun 2013-2015, Pamsimas dilaksanakan di lebih dari 12 ribu desa/kelurahan yang tersebar di 233 kabupaten/kota di 32 provinsi. .

Untuk tahap ketiga yang akan selesai pada akhir tahun 2021, ditargetkan akan ada lebih dari 15.000 desa sasaran baru, yang sekaligus akan dikelola secara keberlanjutan program di lebih dari 32.000 desa.

Secara nasional, ada proyek untuk menyediakan 10 juta sambungan rumah ke air minum. Ini adalah proyek air minum perkotaan dan pedesaan bersama, di mana Pamsimas menjadi bagiannya.

Baca juga:
PUPR mengatakan undang-undang hak cipta membantu penduduk berpenghasilan rendah mendapatkan rumah

Selain memberikan akses air minum dan sanitasi, program Pamsimas mencakup banyak hal lain yang berkaitan dengan kelangsungan pelaksanaan dan pengelolaan prasarana dan sarana yang telah dibangun.

Secara keseluruhan, program ini memiliki lima komponen, yaitu pemberdayaan masyarakat, pengembangan kelembagaan wilayah dan desa; Meningkatkan perilaku higiene dan pelayanan sanitasi; penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum; pemberian insentif; Dukungan teknis dan manajemen pelaksanaan program.

Dengan demikian, ukuran keberhasilan suatu program didasarkan pada Key Performance Indicator (KPI) yang dikembangkan secara progresif dengan mengacu pada komponen-komponen tersebut.

Pada awalnya, Bamsima menekankan landasan masyarakat atau masyarakat, bukan individu, sebagai komponen utama yang ingin dicapai. Kemudian ada kepentingan institusi masyarakat yang harus siap mengimplementasikan apa yang telah dibangun secara fisik. Yayasan juga harus mampu mendorong masyarakat untuk membayar iuran. Saat ini sudah ada pinjaman bank yang disalurkan kepada kelompok masyarakat.

Baca Juga:  Rupee melambat ke 14.264 rupee per dolar AS di awal minggu

Menjelang pertengahan 2021, berdasarkan KPI yang digunakan, dengan proporsi realisasi yang bervariasi, sekilas akan ada godaan untuk menyimpulkan bahwa Pamsimas secara nasional belum mencapai target.

Baca juga:
Bantu tingkatkan produksi air bersih di Binajam, Kementerian PUPR bantu 15 crore

Data menunjukkan bahwa dalam satu KPI suatu target dapat dicapai; Di KPI lain, targetnya agak melenceng.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *