Lumbung Pangan Nasional Sulawesi Selatan, PUPR Bangun Tiga Bendungan

  • Share

Makassar, CNN Indonesia –

Menteri Pekerjaan Umum dan Pemukiman (PUPRE) bangunan tiga bendungan di Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) yang merupakan kawasan lumbung pangan nasional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hdimuljono mengharapkan Sulawesi Selatan menjadi lumbung pangan nasional, bersama Lampung dan Sumatera Selatan. Oleh karena itu, bendungan harus dibangun di daerah tersebut.

“Di Sulsel, setidaknya ada tiga bendungan lagi yang akan kita bangun dalam lima tahun ke depan, yaitu bendungan Artecoloring, Pamukulu dan Karalui. Belum lagi daerah irigasi yang akan kita bangun mulai tahun depan,” kata Basuki di Ginipunto. Senin (22/11).

Basuki mengatakan, Bendungan Karalui yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Ginipunto, Sulawesi Selatan. Manfaat Bendungan Karalui antara lain irigasi, air baku dan pembangkit listrik.

“Sedangkan untuk air baku ada 440 liter per detik, 420 liter per detik untuk Jeneponto 20 liter per detik untuk air baku udara,” katanya.

Untuk irigasi, kata Basuki, Bendungan Karalu bisa menghentikan Bendungan Killara seluas 7.000 hektar. Dia menjelaskan, sebelum bendungan ini, petani hanya bisa menanam 150 persen dari pola kerapatan taman.

“Dengan bendungan ini, 250 persen dari 7.000 hektare akan ditanami padi dan 3.500 hektare palawija,” katanya.

Sementara untuk Bendungan Pamukulu di Kabupaten Taklar, saat ini proses pembangunannya sekitar 26 persen. Selanjutnya, anggaran untuk rehabilitasi irigasi di Bendungan Karalu telah dimasukkan dalam anggaran APBN 2022.

“Tahun depan akan ada DIPA untuk rehabilitasi irigasi karena DI atau Kabupaten Irigasi Karalloe sudah dibangun sejak tahun 1980-an. Jaringan irigasi baru tahun depan, dan ini water reform optimal dari Karalloe. Sekarang sedang dikerjakan. pada bendungan Pamukulu yang sedang dibangun, dan progresnya 26 persen”.

Baca Juga:  RS Puri Raharja Jamin Peserta JKN-KIS Dapatkan Pelayanan Terbaik

[Gambas:Video CNN]

(mir / perjalanan)


  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *