Jokowi berbicara tentang geopark: Kita harus melindunginya dan tidak dirusak atau dieksploitasi

  • Share

Trulum ID.CODan Jakarta -Presiden Joko Widodo alias Jokowi Melihat Geopark bukan sekedar kawasan lindung. Sebagai warisan geologi, keberadaan geopark dapat dijadikan sebagai ruang pendidikan dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui ekowisata.

Jokowi menyebut daerah itu memiliki potensi besar Geopark Harus dijaga agar tidak rusak. Untuk itu, ia berharap ada keseimbangan antara pemanfaatan dari segi ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Baca juga: Gunung Sewu gagal masuk Geopark UNESCO
“Semua keragaman dan kekayaan harus dilestarikan dan dilindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan,” kata Jokowi dalam konferensi National Geopark 2 yang sebenarnya disiarkan di YouTube. BabinaSenin, 22 November.

Jokowi melanjutkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan geopark terbanyak di dunia. Sebagian besar waktu, Indonesia terletak di wilayah Ring of Fire.

Kawasan geopark tanah air tersebar di berbagai wilayah, seperti Bator, Gunung Siu, Silitoh dan Rinjani hingga Danau Toba. Bahkan beberapa dari geopark tersebut telah diakui sebagai Warisan Dunia Geopark UNESCO.

Menurut Jokowi, keberadaan geopark perlu dilindungi karena kawasan ini sarat dengan nilai sejarah. Dikatakannya, “Ada nilai-nilai warisan serta nilai-nilai arkeologi, sejarah dan budaya yang dapat diwariskan kepada generasi mendatang.”

Sebagai kawasan ekowisata, geopark memiliki potensi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Kawasan geopark cocok untuk tren pariwisata pasca COVID-19 yang telah memperkenalkan konsep Ekowisata Dan Wisata Kesehatan.

Namun, Jokowi berpesan agar kehadiran geopark diperkuat melalui cerita dan narasi tentang letusan gunung berapi masa lalu dan perjalanan peradaban untuk menarik pengunjung. “Kunci utama yang menentukan keberhasilan geopark adalah tata kelola yang lebih baik. Melibatkan aktivis (wisatawan) dan masyarakat sekitar, menghasilkan ide-ide inovatif, dan membuat terobosan nyata,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Pembatasan Saat Libur Nataro, Dunia Bisnis Sempit

Francesca Christie Rosanna

Baca juga: Belitung Geopark resmi menjadi geopark dunia

Selalu update dengan informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Trulum ID.co di saluran Telegram kami “Trulum ID.co Update”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda perlu menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *