Ekonomi RI akan tumbuh di atas 5 persen pada 2022, BI: Ini Pengungkitnya

  • Share

Trulum ID – Gubernur Bank Indonesia Peri Warjiu optimistis pertumbuhan ekonomi nasional tahun depan akan tumbuh pada kisaran 4,7 persen hingga 5,5 persen. Hal ini didukung oleh pemulihan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor.

Berry mengatakan peningkatan konsumsi dan investasi mendorong permintaan domestik yang diimbangi dengan kebijakan penanganan Covid-19 yaitu program vaksinasi, pembukaan sektor ekonomi, dan kebijakan stimulus.

Menurutnya, sinergi yang erat antara kebijakan dan kinerja ekonomi pada tahun 2021 merupakan modal untuk rebound dan optimisme dalam menyongsong pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik pada tahun 2022.

“Pembukaan kembali sektor-sektor ekonomi prioritas, mendorong pemulihan ekonomi jangka pendek melalui kebijakan peningkatan permintaan,” kata Perry dalam rapat tahunan Bank Indonesia 2021 (PTBI), Kamis (24/11/).

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, Berry mengatakan bahwa respons bauran kebijakan BI yang bersinergi dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus mengawal perekonomian pada 2022. Apalagi, inflasi yang rendah dan terkendali dengan target 3±1% pada 2022, didukung oleh peningkatan kapasitas produksi nasional melalui peningkatan efisiensi dan produktivitas dalam memenuhi permintaan agregat dalam perekonomian yang terus meningkat.

Berry menambahkan, defisit transaksi berjalan juga diperkirakan rendah, di kisaran 1,1-1,9 persen pada 2022. Selain untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, kecukupan modal yang tinggi, dan likuiditas yang melimpah.

Editor: Muhammad Nour Asekin

Reporter: Romis Pinkasry

Baca Juga:  Citilink menjadi maskapai pertama yang membuka penerbangan komersial ke Cepu
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *