Data makroekonomi AS kuat, harga emas global langsung menyusut

  • Share

Trulum ID – Data perkembangan ekonomi makro yang kuat di Amerika Serikat menyebabkan harga emas global kembali melemah pada Rabu, bahkan ke level terendah dalam tiga pekan terakhir.

Mengutip CNBC, Kamis (25/11/2020) harga emas di pasar spot turun 0,4 persen menjadi $1.783,18 per ounce, setelah jatuh ke level terendah sejak 4 November di $1.777,80 di awal sesi.

Sementara itu, emas berjangka AS ditutup datar di $1.784,30 per ounce.

Data ekonomi AS yang kuat mengangkat dolar dan imbal hasil Treasury AS, dengan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga Fed yang lebih cepat dari perkiraan menambah suasana suram.

Baca juga:
Harga Emas di Pegadaian Turun Hingga Puluhan Ribu, Cek Angkanya!

Emas turun di bawah level kunci $1.800 awal pekan ini karena pengangkatan kembali Ketua Fed Jerome Powell mendukung spekulasi pengetatan moneter yang lebih cepat, mendorong dolar dan dengan demikian membuat logam kuning lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

Pasar emas telah tertekan oleh kekhawatiran bahwa Federal Reserve mungkin mulai meningkatkan pemotongan stimulus atau menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, kata David Meijer, direktur High Ridge Futures.

Risalah pertemuan kebijakan terbaru bank sentral AS menunjukkan bahwa sejumlah pembuat kebijakan Fed mengatakan mereka akan terbuka untuk mempercepat pembatalan program pembelian obligasi jika inflasi tinggi berlanjut dan bergerak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang untuk memiliki emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Investor emas juga tampaknya mengabaikan kemungkinan inflasi moderat, mengingat penurunan harga energi baru-baru ini, kata Edward Meir, analis di ED&F Man Capital Markets.

Baca juga:
Harga emas di Antam kembali turun hari ini menjadi Rp 929.000 per gram

Baca Juga:  Jokowi berbicara tentang geopark: Kita harus melindunginya dan tidak dirusak atau dieksploitasi

Menempatkan tekanan tambahan pada emas, klaim pengangguran awal AS turun ke level terendah sejak 1969 dan laporan terpisah menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi rebound pada tingkat tahunan 2,1%.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *