2022, PLN Kembangkan Pembangkit Listrik Terbarukan Baru 1,19 GW

  • Share

Trulum ID.CODan JakartaPT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Perusahaan akan mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dengan kapasitas hingga 1,19 gigawatt (GW) tahun depan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat transisi energi.

Mega Proyek dan EBT Direktur PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, pembangunan beberapa proyek EBT pada 2022 sejalan dengan Rencana Aksi Penyediaan Tenaga Listrik PLN 2021-2030 (RUPTL).

“Di RUPTL, kami berkomitmen penggunaan energi bersih akan lebih banyak. Langkah ini kami ambil untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060,” kata Willowo dalam keterangan resmi, Kamis, 25 November 2021.

Tahun depan, PLN akan mengembangkan 21 proyek Proyek Energi Terbarukan (EBT) antara lain: Proyek PLTA/M telah tersebar di Sumatera, Sulawesi dan Jawa. Kapasitas terpasang PLTA/M hingga 490MW PLTP Dengan total kapasitas 195 megawatt.

Untuk pembelian proyek tersebut, perseroan membuka peluang seluas-luasnya untuk kerjasama dengan semua pihak untuk mengembangkan pembangkit berbasis energi terbarukan.

PLN juga akan mengembangkan PLTBio yang tersebar di berbagai wilayah dengan total kapasitas sekitar 20 MW. Perusahaan luar biasa itu juga berencana menggenjot penggunaan energi surya dengan PLTS di beberapa pulau. AdapunLokasi pembangkit listrik tenaga surya juga mencakup program konversi PLTD 500 MW, serta pengembangan PLTB.

Baca Juga:  INACA membuka tentang alasan mengapa maskapai memilih untuk menyewa pesawat daripada membelinya
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *