Pelajaran hidup yang bisa kita petik dari karakter CJ GTA San Andreas. setuju?

  • Share

Siapa yang tidak kenal dengan game “Grand Theft Auto: San Andreas” alias “GTA San Andreas”. Nampaknya hampir semua anak muda di era tahun 2000-an pernah memainkan game ini dunia terbuka Dari studio Rockstar ini. Game ini sangat keren karena mampu membebaskan para pemainnya untuk melakukan berbagai hal yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata.

Terlepas dari konsep dunia terbuka Itu adalah ciri dan formula dari kesuksesan “GTA San Andreas”, cerita dalam game tunggal ini juga tak terlupakan dan merupakan yang terbaik di antara game GTA lainnya. Seperti yang kita ketahui, di “GTA San Andreas” kita memerankan karakter bernama Carl Johnson alias CJ. Walaupun ia adalah tokoh yang digambarkan sebagai seorang berandalan dan penjahat, namun pada kenyataannya banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari karakter CJ.

1. CJ mengajarkan kesetiaan kepada teman dan juga mengutamakan kepentingan keluarganya di atas orang lain

CJ dan saudaranya Manis / Kredit: GTA Wiki

Dari awal permainan, kami membawa CJ kembali ke rumahnya di Grove Streets. Dari cerita pembuka, kita tahu bahwa CJ adalah seorang pemuda yang memiliki keluarga besar dan teman-teman yang sangat dia cintai dan hormati. Meski berperan sebagai penjahat dan berandalan di kota, CJ sendiri tidak pernah mengkhianati keluarganya meski sudah beberapa kali ditangkap polisi.

Baca Juga:  Intip Wisata Pangandaran Bersama Susi Air

Selain itu, CJ mencintai kakak laki-lakinya, Sweet. Mereka saling menghormati dan melindungi satu sama lain terutama setelah kematian ibu mereka dalam sebuah tragedi bersenjata di kota San Andreas sendiri. Meski terlihat sangat setia pada teman-temannya, CJ adalah orang yang lebih mementingkan keluarga kandungnya. Tentu saja hal ini harus kita ambil sebagai contoh mengingat keluarga adalah rumah yang akan menerima kita apa adanya dalam hidup ini.

2. CJ adalah pekerja keras yang mendedikasikan dirinya untuk menghidupi keluarga dan tetangga di lingkungannya

CJ Works / Kredit: Sportskeeda

CJ adalah seorang pemuda yang tumbuh dalam kondisi kemiskinan yang ekstrim. Sulit baginya untuk mendapatkan pekerjaan karena rasisme yang terjadi di kota San Andreas sendiri. Hal inilah yang mendorong CJ untuk membentuk geng dan melakukan banyak pekerjaan kotor untuk menghidupi dan menghidupi keluarganya dan orang-orang yang tinggal di sekitar rumahnya.

CJ sendiri adalah sosok yang pantang menyerah dan terus bekerja setiap hari. Dia mengambil banyak pekerjaan, bahkan jika mereka tidak menghasilkan uang sama sekali. Dia hidup untuk berkorban bagi orang lain. Tentu saja sikap pantang menyerah dan pekerja keras ini patut dijadikan inspirasi. Jika kita bisa seperti CJ, kemungkinan banyak orang akan menghargai kita dan menawarkan berbagai pekerjaan yang menghasilkan uang sesuai dengan kemampuan kita.

3. Meski terlihat nakal, pada kenyataannya CJ adalah orang yang setia pada kekasihnya. Dia bukan tipe yang suka mempermainkan perasaan wanita

CJ dan pacarnya / Kredit: GTA Wiki

Selain persahabatan dan kehidupan kerja, kisah cinta CJ juga bisa menjadi inspirasi bagi kita. Meski terlihat seperti berandalan yang suka menyakiti musuhnya, CJ sebenarnya bukanlah cowok yang suka bermain-main dengan perempuan. Sebaliknya, CJ adalah pria yang setia pada satu pasangan.

Baca Juga:  Artis Muda Korea Di Usia 40-an & Tips Kecantikan

Jika Anda ingat, CJ punya pacar bernama Catalina. CJ selalu menghabiskan waktu dengan pacarnya bahkan saat bekerja dan melakukan kejahatan. Kita bisa melihat seberapa baik CJ memperlakukan pacarnya. Namun, sangat disayangkan bahwa kebaikan CJ membuat Catalina jijik. CJ ditinggalkan oleh wanita yang dicintainya. Yang mengesankan adalah CJ tidak menyimpan dendam meski Catalina mengenalkannya pada kekasih baru. Kudos untuk Anda Carl Johnson!

4. Meski usianya sudah lanjut, CJ selalu terbuka terhadap peluang dan membuka hubungan baru. Sikap positifnya itulah yang membuat banyak orang menghormatinya

CJ sangat menghormati teman-temannya / Kredit: Polygon

Seiring bertambahnya usia, seseorang sering menjadi orang yang tertutup yang tidak ingin membuka hubungan baru. Hal ini tentu ada sisi positif dan negatifnya. Menutup diri berarti menutup peluang dan kehidupan baru kita. Ini tidak berlaku untuk CJ. Dia adalah orang yang positif, siap untuk membuka peluang hidup baru dan hubungan dengan orang yang berbeda. Tak heran jika banyak orang yang menghormati CJ.

Dalam cerita game GTA San Andreas, kita tahu bahwa CJ memiliki banyak teman dari latar belakang yang berbeda. Ada pemilik toko mainan, pemilik bengkel, A hippie Bahkan seorang pembalap mobil. Singkatnya, CJ tidak terlalu pilih-pilih soal makan. Dia sepertinya tidak punya masalah berteman dengan siapa pun.

5. Terakhir, CJ adalah orang yang sangat pemaaf. Dia selalu melihat seseorang berdasarkan situasi mereka, bukan ras atau agama mereka

Sikap Toleransi/Kredit CJ: Global

Ada satu kesamaan yang dimiliki Amerika Serikat dan Indonesia, yaitu banyaknya perbedaan. Di Indonesia kita memiliki banyak suku, bahasa dan agama. Untuk itu, toleransi adalah hal terpenting jika kita ingin hidup dalam masyarakat yang baik. Nah, tanpa kita sadari, CJ adalah pribadi yang toleran terhadap banyak orang. Sikapnya itu menunjukkan bahwa dirinya bukanlah sosok yang rasis meski terkadang mendapat perlakuan rasis dari segelintir orang.

Baca Juga:  Sinopsis Film Kadet 1947: Today or Never

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya teman CJ yang bukan keturunan Afrika-Amerika. CJ memiliki teman kulit putih, hitam, Asia dan Amerika Latin. Ia selalu memandang teman-temannya tanpa perbedaan sedikitpun. CJ memiliki sikap yang sangat toleran dan menilai seseorang dari tindakannya, bukan dari ras atau sukunya. Kudos untuk pelajaran hidup dari orang ini!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *