Salatiga diguncang gempa, benda gantung bergoyang

  • Share

Trulum ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa dangkal terjadi di daratan pada kedalaman 11 km di Salatiga, Jawa Tengah.

BMKG mengatakan dalam situs resminya di Jakarta, Kamis, bahwa gempa tersebut berkekuatan 2,8 dan pusat gempa berada di koordinat 7,30 Lintang Selatan dan 110,41 Bujur Timur, tepatnya di darat pada jarak 10 kilometer barat laut kota. Salatiga.

Gempa dirasakan di Banyubero, Ambarawa, Timingungan, Bujuksari, Brungkol, Kalibawon, Tigalrego, Jumbo, Losari, Gondorio, Semmeler, Garung, Bigalin dengan Trulum ID intensitas MMI II, dimana warga merasakan getaran dan benda ringan yang menggantung.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca juga:
Prakiraan cuaca Jakarta Kamis, 25 November: sore hujan

Sebelumnya, pada 23-24 Oktober 2021 pukul 10.00 WTI, BMKG mencatat 32 gempa swarm di wilayah Banyubero, Ambarawa, Salatiga, Jawa Tengah.

“Jika melihat data parameter gempa yang terjadi di wilayah tersebut, terlihat bahwa berdasarkan distribusi temporal magnitudo gempa, fenomena ini dapat diklasifikasikan sebagai gempa swarm,” kata Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami, Daryono.

Kawanan gempa dicirikan oleh serangkaian gempa berukuran kecil dengan frekuensi kejadian yang sangat tinggi, berlangsung dalam periode yang “relatif lama” di suatu daerah, tanpa gempa kuat sebagai guncangan utama, jelas Daryono.

Secara umum, sambungnya, penyebab gempa swarm terkait dengan transpor fluida, intrusi magma, atau migrasi magma yang menyebabkan deformasi batuan bawah permukaan di daerah vulkanik.

“Banyak gempa yang disebabkan oleh proses vulkanik,” katanya.

Baca juga:
Prakiraan Cuaca BMKG Pelabuhan Merak dan Kabupaten Pesisir Banten 25 November 2021

Selain keterkaitannya dengan wilayah vulkanik, tambah Daryono, banyak laporan yang menunjukkan bahwa aktivitas swarm juga dapat terjadi di wilayah non-vulkanik (pure tektonik activity), meskipun kejadiannya sangat jarang terjadi.

Baca Juga:  Ketika Ahok mengatakan omong kosong tentang surat IBC untuk membeli pabrik EV Jerman

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *