Nadim Hari Guru Nasional: Wabah tidak padamkan semangat guru

  • Share

Trulum ID.CODan Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendicodristik) Nadim Makarim mengenakan pakaian adat dari Ulus Mandailing, Sumatera Utara, saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di kantornya, Kamis, 25 November 2021.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada para guru di seluruh Indonesia di tengah pandemi saat ini. Nadim mengatakan, tahun lalu merupakan tahun yang penuh dengan ujian, sehingga wajar jika banyak guru yang frustasi. Namun, ditemukan bahwa ada guru yang tidak putus asa.

“Saya mendengar tentang terobosan yang mereka inginkan di sekolah mereka, dan saat itulah saya menyadari bahwa pandemi ini tidak menyurutkan semangat siswa. GuruTapi mereka malah menyalakan obor,” kata Nadim.

Menurut Nadiem, guru di seluruh Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk kesejahteraan manusia, akses ke teknologi dan pelatihan praktis yang relevan, kurikulum sederhana yang dapat mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap siswa, dan mereka menginginkan pemimpin sekolah yang berdiri di samping siswa, bukan guru. birokrasi.

Senada dengan itu, ia juga menjelaskan bahwa Merdeka Belajar yang kini sejak awal mulanya menjelma menjadi sebuah gerakan. Dalam gerakan ini, setiap guru memiliki keberanian untuk maju menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Gerakan ini semakin kuat karena pengalaman yang kita hadapi bersama. Misalnya, perampingan kurikulum sebagai salah satu kebijakan pembelajaran mandiri telah berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran.”

Dalam sambutan penutupnya, Nadim mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru di seluruh Indonesia atas pengorbanan dan ketangguhannya. “Saya tidak akan menyerah memperjuangkan kebebasan belajar untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik bagi para guru di seluruh Indonesia. Terima kasih, Merdeka Belajar adalah milikmu sekarang.”

Baca Juga:  Polisi periksa 13 saksi kasus kebakaran tangki Kilang Pertamina Cilacap

Upacara Hari Guru Nasional ini diikuti oleh 345 peserta secara offline dengan mengenakan pakaian adat dan menerapkan protokol kebersihan yang ketat. Turut hadir mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dewan Keenam Menteri Pembangunan, Erdiman Djogongoro. Ketua Panitia 3 DPD RI, Silviana Morni; dan Wakil Ketua Panitia IV DPR RI, Didi Mouladi. Selain itu, upacara juga dihadiri pejabat kelas satu dan dua Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan staf Kemendikbudristek, serta guru dan kepala sekolah yang mewakili beberapa daerah di Indonesia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *